Wednesday, October 8, 2008

Asiiiik, Mudik!!

Tibalah saat yang dinanti! Mudik!! Senin tanggal 29 jam 3 subuh gue ma bokap udah cabut pake mobil ke Pasar Minggu. Dari sana kita naik Damri jam 4 ke bandara. Jalanan sepiii, ngga ada macet-macetnya. Sampai airport masi jam 5, check in, sholat subuh, trus duduk manis menunggu pesawat jam 6. Tapi ternyata, pesawat gue ditunda sampai jam 8! Katanya gara-gara rusak, jadi nunggu pesawat lain didatangkan dari Banjarmasin. Siauuul, dasar tiket mahal tapi murah! Untung maskapai BA itu bagi-bagi hokben, lumayan dagingnya buat buka, hehe...

Jadi ya begitulah, gue baru take off jam 8 lewat. Sampai Pontianak jam 9.30, cepet kan. Jam 10.30 udah sampai di rumah nenek (bandaranya deket plus ngga macet, jd cuma 20 menit pake mobil). Hari pertama disana gue lewati dengan tidur siang, dan bengong nunggu buka. Cuaca disana lagi bener-bener gerah, bikin cepet haus. Hal pertama yang gue lakuin pas buka adalah nenggak es cincau item, huhu segarnya... Malemnya baru deh gue keluar rumah buat nyari sotong bakar.

Hari kedua, gue ikut tante ke Wajo, daerah kabupaten yang jauhnya 1 jam naik mobil dari Pontianak. Disana ketemu saudara-saudara dari Kakek, plus ngambil titipan masakan. Sampai rumah udah deket waktu buka. Sesuai kebiasaan, buka puasa terkahir seluruh keluarga pasti ngumpul buka bareng. Menunya juga menu Lebaran lengkap yaitu ketupat cs. Jam 8 malem, gue dan sepupu-sepupu gue diajak nonton takbir keliling. Sampai di GOR, sepi. Ternyata takbirnya mulai jam 7. Dodol. Akhirnya kita ke pinggiran sungai Kapuas, nonton festival meriam karbit. (buat yang ngga tau, sungai Kapuas tuh sangaaat lebar, sampai ada kapal ferry gede buat penyeberangan).

Festival ini udah jadi tradisi tiap malem takbiran di Pontianak. Jadi di kedua pinggiran sungai, banyak deretan kelompok meriam karbit. Meriam karbit itu meriam dari kayu gede banget yang dinyalain pake karbit. Terus dilombain kelompok mana yang meriam-meriamnya berbunyi paling gede. Pas gue baru sampai, langsung disambut bunyi dentuman. Suasana udah rameeee banget. Gue nonton di gertak (jalan dibuat dari jembatan kayu yang dibangun di pinggiran sungai) deket satu kelompok meriam. Pas itu dinyalain, bunyinyaa ngga nahan! Plus ada angin panas yang niup. Ade gue yg paling kecil sampai ketakutan, dia terus nunduk nutup kuping, hehe... Oh ya ada juga yang nonton dari perahu di sungai, termasuk wartawan yang lagi meliput (beberapa hari kemudian gue liat liputannya di TV, tapi sial gue ngga keliatan =P)

Besoknya pas Lebaran, gue sholat Ied di depan korem, di alun-alun deket sungai Kapuas. Rameeee banget, seneng deh liat sholat jamaah seramai itu. Pulang ke rumah, langsung maaf-maafan, trus keluarga kumpul semua lagi. Sama ada tradisi bagi-bagi duit juga dari para orang tua, hehe =D abis makan (padahal sebelum sholat gue udah makan =P), kami semua mulai ngiter-ngiter. Orang Pontianak klo Lebaran emang silaturahmi kemana-mana, jadi klo lo dateng ke rumah seseorang, dia pasti akan bales ngunjungin lo. Jadinya siang itu gue sekeluarga besar (beneran besar, dibutuhkan 4 mobil untuk ngangkut kami semua) keliling ke rumah saudara-saudara Nenek. Malemnya, keluarga inti gue+Tante yang tinggal di rumah Nenek pergi ke rumah Om Tante yang lain.

Hari kedua Lebaran, rame-rame ke rumah Om gue yang paling gede (yang gede rumah, bukan si Om =P). Tapi sebelum sampai sana, gue dan ortu dan adek-adek gue pergi ke rumah temen lama bokap waktu di pedalaman dulu. Rumahnya deket sama rumah om gue. Puas makan dan ngobrol disana, baru deh ke rumah Om. Di rumah Om, ternyata udah ada keluarga dari saudara Nenek. Trus dateng lagi keluarga saudara Nenek yang lain. Waduh, udah kaya satu kampung. Disana gue makan lagi, bakso dan sate sekaligus, hehe...

Sorenya, gue ma Om Tante gue pergi ke mall, gue dibeliin kado ulang tahun. Huhu, trima kasih Tante... Pulang ke rumah bentar, trus pergi lagi rame-rame buat makan. Makannya asik deh, sambil naik perahu nyusurin sungai Kapuas. Cahaya dari lampu kota, kapal-kapal di pelabuhan, dan jembatan bagus banget. Klo mau naik kapal ini sih, bagusnya emang malem. Soalnya klo siang, keliatan deh jeleknya pinggiran sungai itu. Rame orang mandi! Hehe...

Hari Jumat, keluarga besar gue pergi ke Singkawang. Kalau Pontianak itu Jakarta, Singkawang yang jadi Bandung. Jaraknya 3 jam naik mobil, kotanya dikelilingi gunung juga. Tapi sebelum kesana, kami foto studio dulu, mumpung kumpul lengkap semua. Ke Singkawang niatnya sih mau nganterin keluarga Om gue yang emang tinggal disitu, sekalian jalan-jalan. Pulang dari rumah Om, keluarga inti gue lagi-lagi pergi ke rumah temen lama bokap. Dari sana baru nyusul keluarga yang lain ke pantai. Huaaa, asiknyaa, udah lama banget gue ngga ke pantai! Iya sih ngga bagu-bagus amat, tapi enak buat main. Lautnya tenang banget lagi, kan lautnya selat Karimata. Disana gue (sok) berenang, trus banana boat. Puas deh. Baru balik pas magrib, dan sampai di Pontianak jam 20.30.

Hari Sabtu gue lalui dengan berusaha nyari es shanghai. Sialnya, toko masih pada tutup semua. Akhirnya gue ma Tante ke mall buat makan pizza, haha ngga nyambung... Sorenya gue mulai bikin tugas PTKTK celaka itu. Idle sebentar buat makan bakso merdeka, yang rasanya maknyuss sekali! Bakso terenak yang pernah ada! 15000 semangkok tapi ngga akan nyesel! =D pulangnya, lanjut bikin tugas. Dan gue baru tidur jam 2.30 malem... T.T

Besoknya, gue udah ngantuk banget buat kemana-mana. Yang ada cuma sore-sore nyari oleh-oleh di Kaisar sama toko-toko souvenir, trus makan bakso lagi tapi sekarang bakso Johar. Gue ngga ikutan makan bakso, soalnya gue penasaran pengen makan bubur padas. Kebetulan deket situ ada kiosnya. Udah lama banget gue ngga makan nih bubur! Sampai rumah, langsung gue caplok deh tuh bubur. Huhu, enak sekali, gue jadi terharu... *berlebihan*. Di rumah, saudara-saudara gue yang lain berdatangan lagi buat ngasi oleh-oleh. Makanan dimana-mana! Aku suka! (“,)v sedihnya, gue harus packing karena besok gue udah pulang.

Senin pagi, saat yang bikin BT. Bangun pagi lagi karena pesawat take off jam 7. Mesti pamitan ma Nenek dan keluarga. Ngerasa ngga puas karena baru seminggu disini, padahal tahun lalu 2 minggu. Banyak yang belum gue lakuin, kaya makan bakso pak Kumis (yeah, di Pontianak banyak bakso, dan semuanya enak, bakso Jkt atw Bdg kalah jauh!), jalan di alun-alun buat nonton sunset di sungai, makan es shanghai (jangan bayangin kaya di bandung, itu sih es buah! Es shanghai yang bener itu es serut, susu kuntal manis, cincau hitam, kacang merah, agar-agar, sama apa gue lupa), sampai berusaha ngerjain si Konyot (ini kucing nenek gue, sungguh nama yang tidak bonafid ~.~).

Catatan selama di Pontianak :
• Sepupu baru gue si Fari, lucu sekaliiii! Umurnya baru 4 bulan! Anaknya diem banget, jarang nangis, hobinya tengkurap. Gue pernah liat dia tengkurap trus berusaha ngerangkak ngambil barang yang gue pegang. Hasilnya dia diam di tempat, malah mirip orang kejang. Kocak deh. Iyalah, umur segitu masa udah merangkak. Hobinya ngiler, jadi tangan gue basah terus tiap gue gendong dia. Kepalanya lucu, yang belakang gepeng kaya kebanyakan tidur. Seneng gue dapet mainan baru =)
• Pertama kali gue lihat suami sepupu gue yang paling tua. Oh no, secara fisik sangat ngga cocok ma sepupu gue! Tapi ya klo secara mental sepupu gue udah suka, ya sudah =D
• Tren baru di kalangan anak-anak Pontianak, kartun Upin dan Ipin! Ini kartun Malaysia yang ditayangin di TPI. Sepupu gue yang udah SMP aja punya VCDnya. Kenapa bisa populer disono, kayanya gara-gara nih kartun pake bahasa melayu deh. Orang Pontianak kan ngomong pake bahasa melayu, walau tidak senorak bahasa melayu malaysia =P
• Tukang sotong di sepanjang jalan deket rumah Nenek gue, cuma rame pas bulan puasa. Klo di luar itu, cuma sedikit yang jualan. Gue jadi penasaran, kira-kira apa korelasi antara puasa dengan nafsu makan cumi?
Pontianak lagi dingiiin! Cuma di hari pertama gue kegerahan disana. Sisanya hujan terus!! Deras dan lama... Jadi sama dinginnya deh kaya malem2 di Bandung.
• Kebiasaan orang Pontianak tiap Lebaran : air kaleng! Atau yang biasa kita sebut dengan minuman kalengan. Di tiap rumah pasti ada minimal 1 kerat (tau kan, yang isisnya 24 kaleng itu). Rumah nenek gue sendiri kemaren ada 7 kerat *overdosis*, lengkap dari Fanta, Sprite, Coca Cola, Pocari Sweat, sampai Yeo’s rasa buah kundur -.-‘
• Banyak poster, spanduk, dan baliho muka orang terpajang dimana-mana. Maklum, bentar lagi pilkada bupati, walikota, ma anggota DPRD. Tapi ya sebel juga ngeliat buanyak spanduk yang ngga beraturan gitu.
• Gubernur Kalbar sekarang dodol, masa rumah dinas dicat merah. Jadi jelek banget. Dan FYI, merah itu warna partainya, dasar politikus! Ko bisa yaa dia terpilih? )=(
• Senangnya Lebaran disini adalah banyak tamu. Kaya yang udah gue bilang di atas, pasti ada saling berbalas kunjungan. Bikin suasana Lebaran sangat terasa.



Kapan lagi yaa gue ke kota ini?


No comments: