Saturday, April 4, 2020

Quarantine (Almost) Daily Report

Catatan gue selama menjalani stay-at-home, ditambah dengan observasi di sana sini.

Awal minggu kedua Maret. Gue udah denger kabar beberapa kampus di US udah nutup kampus dan pindah ke online learning. Gue sama temen-temen gue mikir "polar vortex aja ni kampus cuma tutup 1.5 hari, ga bakal deh tutup gara-gara corona". Sombong ya kan, masih mikir kalo corona akan sama aja kaya MERS atau SARS, mewabah di timur jauh sana tapi belahan dunia yang lain akan aman. 

Rabu, 11 Maret. Gue inget banget malam-malam gue di perpus lantai 3, lagi sibuk cari bahan final essay. Susah cuyy cari data konflik Papua dan Aceh. Lagi tenang-tenang cari data, tetiba ada yang post screenshot artikel tabloid kampus di grup WA angkatan gue:

Gue cuma bisa bengong.

Kuliah online selama spring quarter? SATU QUARTER? Ini kenapa berlebihan amat? Kampus lain aja cuma nutup sampai April. Gue kesel tapi ini kan bukan pengumuman resmi yah, kaya percuma juga kesel kalo ujung-ujungnya artikelnya salah. Yaudalah gue lanjut ngerjain tugas, walau gue jadi ga konsen lagi. Apalagi jadi banyak meme bermunculan...
sapa neh yg ngedit wiki :))
Kamis, 12 Maret . Bener dong, kampus gue kirim email:
The University of Chicago is moving to remote learning for undergraduate and graduate classes for the entire Spring Quarter of 2020, beginning on Monday, March 30, the first day of the Spring Quarter. Extensive preparations are in process under the Provost’s leadership, and we will provide detailed guidance over the next week about remote teaching.
Gue langsung males ngapa-ngapain. Hari ini gue presentasi final, tapi sumpah gue udah ga mood lagi. Satu-satunya yang bisa bikin gue berangkat ke kampus adalah pikiran "yaudalah anggap aja ini kelas terakhir di kampus, sayang kalo dilewatkan". Yaudah gue akhirnya ngampus, presentasi, dilanjut dengan lunch di luar dan belanja di Ulta (stress shopping okay?). Balik ke apartemen, gue juga udah males ngapa-ngapain. Gue udah ngga niat melanjutkan final essay gue. Cari data Indonesia kan susah ya, butuh niat yang besar, tapi sekarang niat gue udah musnah. Bahkan gue udah kepikiran buat ganti topik. Kenapa niat gue musnah? Karena gue sedih, karena spring quarter di kampus ngga akan ada lagi. 

Gue masi beruntung sih karena gue cuma kehilangan kelas, tapi gue masi ada apartemen, uang bulanan lancar, makanan pun cukup. Ngga kebayang kalo gue jadi anak-anak undergrad, yang harus pergi dari housing dalam waktu 2 minggu, di minggu final pula. Mungkin gue udah ngga niat sama sekali buat belajar. Bodo amat deh sama final exam. 

Intinya, hari ini gue ngga mau ngapa-ngapain...

Jumat, 13 Maret. Jam 2 siang, gue bela-belain ke perpus kampus buat kerjain final paper, karena gue ngga tau sampai kapan perpus akan buka. Biasanya di minggu terakhir sebelum final week, perpus selalu penuh apalagi di Mansueto. Tapi sekarang, Mansueto sepi. Bahkan lebih sepi dari hari-hari biasanya. Biasanya orang-orang akan stay di sini sampai perpus tutup, hampir tengah malam. Tapi kali ini, jam 6 pun orang-orang udah banyak yang cabs. 

Rasanya surreal. Hari ini indah banget, matahari bersinar cerah, langit biru, suhu juga udah mulai naik. Tapi kaya ada yang menggantung di udara, kaya kabut ngga terlihat yang bikin mood semua orang turun.  

Sabtu, 14 Maret. Percaya atau ngga, gue masih ada satu kelas lagi. Ini kelas pertama gue yang dilangsungkan secara online, sekaligus kelas terakhir di winter quarter ini. Yes kelasnya tiap Sabtu siang di downtown. Biasanya gue menghabiskan Sabtu dengan buru-buru ke downtown, kuliah, terus dinner dan nonton. Tapi kali ini rasanya beda. Gue mulai kelas online gue di rumah, abis itu udah gue ngga ngapa-ngapain lagi. Udah mulai beredar juga himbauan untuk social distancing, jadi gue makin males keluar.

Di saat ini gue mulai merasa rutinitas gue akan berubah total. Ngga ada lagi trip ke downtown, bahkan mungkin ngga akan ada lagi hiburan macam ngopi mingguan atau nonton bioskop. Mungkin gue ngga akan bisa menikmati Chicago di quarter terakhir gue. Rasanya makin surreal dan depressing. 

Kamis, 19 Maret. Basically gue menghabiskan seminggu di apartemen, sama sekali ngga keluar. Belanja pun secara online, hamdallah yes masi kebagian beras di Amazon Fresh. Temen gue cerita di grocery store, beras habis. Padahal bule jarang-jarang makan beras ckck... Gue juga udah dapet pengumuman kalau spring break akan diperpanjang jadi 2 minggu, dari yang biasanya cuma 1 minggu. Ga apalah biar dosen dam staf bisa menyiapkan 

Anyway, siang ini gue memutuskan untuk keluar apartemen dan ke kampus, ke book store kampus sekaligus ngerjain PR di Reg (alias perpus kampus). Yoaa masi ada PR yang lain, PR terakhir di winter quarter. Gue dapet pengumuman kalau Reg akan tutup selama 2 minggu, jadi gue pikir kenapa ngga ke Reg terakhir kalinya buat ngerjain tugas? Lagian gue merasa perlu mempertahankan my sense of normalcy walaupun kondisinya ngga ideal dan tetap mempertahankan proper social dintance. Apalagi ini hari terakhir winter, gue harus merasakan hari winter terakhir di Chicago. 

Jadi abis beli buku di book store, gue ke main quad. Kampus sepi banget, bahkan lebih sepi dari summer break. Entah karena lagi hujan atau karena wabah. Gue juga ke Pret buat beli chai latte (sekarang masuk ke Reynolds Club pun harus pake ID), dan cuss ngerjain PR di basement Reg. Kenapa basement? Gue ga tau lagi kapan gue akan ke perpus, jadi gue milih tempat yang paling sering gue kunjungi di quarter pertama kuliah. Gue inget dulu gue sering belajar bareng, ngegosip, ngomentarin anak-anak undergrad,  bahkan ngeceng hahahah. So many good memories. Jadilah gue duduk di basement Reg, berusaha selesaikan baca case study. Dan ternyata ngga cuma gue, masih ada beberapa student lain yang juga di basement. Sekitar jam 6.30 sore, gue pulang. Masih ramai orang yang datang ke perpus, di jam terakhir mereka bisa minjem atau balikin buku.

Jumat, 20 Maret. Governor Illinois mengumumkan stay-at-home order untuk seluruh Illinois. Stay-at-home yes, bukan lockdown. Intinya:
  • semua penduduk tetap tinggal di rumah masing-masing (yang mana sebagian besar orang juga udah melakukan hal tsb)
  • gada gathering sama orang lain dari luar household
  • fasilitas di taman tutup, tapi tamannya sendiri tetep buka
  • masih bisa keluar untuk hal-hal essensial, misalnya belanja ke grocery store, isi bensin
  • hanya pekerjaan tertentu yang masih boleh bekerja di luar
  • restoran masih buka tapi hanya untuk take out atau delivery
Note: kalau sekolah emang udah diliburkan dari seminggu dua minggu sebelum ini. 

Gue bersyukur sih Illinois government lumayan kompeten untuk menangani corona. Karena kalau menyerahkan sepenuhnya ke federal government, alias Trump & co, wes bubar... Gue tau sih dia emang agak-agak, tapi di masa krisis kali ini, men ybs udah bukan agak-agak lagi. Full blown wacko. Sakit jiwa sih gue rasa, atau apalah penyakit mental lainnya. Gue ngga akan menjelaskan semuanya di sini, karena yang ada gue jadi emosi duluan.  Silakan liat aja video-video press conference dia.  

Maksud gue yah, ini gue lagi tinggal di US. Gue pikir negara maju akan beda dong dalam penanganan wabah, apalagi US bisa belajar 2 bulan sejak kasus di Cina. Namun tentu saja tidak sodara-sodara sekalian, sama aja ternyata ma negara berkembang, bahkan lebih butut daripada Vietnam. Yah apa coba yang bisa diharapkan dari administrasi Trump... Kalau sampai dia kepilih lagi jadi Presiden di pilpres besok, gue cuma akan komen "yaudalah ya US congratulations you get what you deserve". 

Balik lagi ke state government. Yang menarik adalah daftar pekerja esensial yang dirilis mereka: "health care workers, grocery employees, funeral home employees, pharmacists, hardware store workers, plumbers, electricians, day care providers, bank tellers and roles that are essential to the supply chain. Police, firefighters and paramedics also can keep working."

Lihat deh, berapa banyak pekerja di sana yang selama ini dianggap remeh sama orang-orang karena 1) gaji kecil 2) ga butuh pendidikan tinggi. Tapi ternyata, mereka adalah pekerjaan yang esensial. Ngga ada mereka, masyarakat ngga akan berjalan normal. Gue sangat sangat berharap, setelah ini ngga ada lagi yang memandang sebelah mata pekerjaan-pekerjaan tersebut. Semoga juga Setelah ini (atau kalau bisa sih sekarang yah) mereka digaji dengan living wage (bukan lagi minimum wage) dan dengan benefit yang pantas.

Kamis, 26 Maret. Akhirnya gue keluar lagi dari apartemen, kali ini untuk grocery shopping. Hari-hari sebelum ini gue lewatin cuma dengan nonton serial dan tidur. Pas gue keluar, orang-orang masi banyak tuh yang di jalan. Gue sih berbaik sangka aja, mereka mungkin keluar karena kebutuhan. Sebagian besar dari mereka nenteng belanjaan dari grocery store. Tapi emang sih, Hyde Park (neighborhood tempat gue tinggal) jadi lebih sepi dari biasanya. 

Dari yang gue amati di grocery store (macam Target atau Hyde Park Produce), stok makanan udah aman. Beda sama 2 minggu sebelumya, waktu itu rak banyak yang kosong. Agaknya orang-orang sini udah melewati masa panic buying. Tinggal tisu toilet sama disinfektan aja yang habis. Disinfektan gue paham sih, tapi gue masi ga ngerti kenapa orang-orang nimbun toilet paper. Ada teknologi bernama bidet hellooo, atau less advanced technology bernama gayung. 

Lain-lain

Being paranoid about my health
Gue sempat parno juga karena dada sempat sesak, ehh ternyata karena GERD kambuh.  Karena gue ngga keluar rumah sama sekali, gue ngga laper. Dan karena ngga laper, gue jadi males makan. Untung masi ada obat. Mana gue males masak, jadilah gue pesan Uber Eats tiap 3 hari sekali. Boros sih, tapi mending lah karena sekarang Uber Eats free ongkir. Cuma yhaa orang-orang beratnya naik selama quarantine, gue malah turun. Males makan -> GERD kambuh -> makin males makan. Emang sih ya harusnya gue makan sedikit aja tapi sering..

Quite an easy living
Gue merasa beruntung lagi di US di tengah pandemik ini (walau presidennya begitu yah). Banyak banget kemudahan yang gue dapet. Pertama ongkos delivery service yang free itu. Terus bisa batalin tiket penerbangan dan hotel dengan mudah. Tadinya gue berencana spring break ke Las Vegas dan San Fransisco, udah booking tiket pesawat dan hotel juga, tapi dengan corona ini jadi batal dong ya. Hamdallah bisa batalin tiket pesawat dengan cepat, walau uangnya ga balik tapi at least jadi credit yang bisa dipake sewaktu-waktu. Untuk hotel malah uangnya bisa kembali utuh. Kemudahan lain tinggal di US adalah internet yang sangat reliable, mending banget lah ya daripada di Indo. Terakhir, spring sale cuyyy dimana-mana. Helloo Bobbi Brown diskon 25%! Makin bangkrut gue belanja online...

Tiger King
Dokumenter paling oke yang gue pernah tonton. Gue nonton seluruh 7 episode dalam waktu 12 jam saja. Selama nonton pikiran gue cuma: hah? hah? HAH? APAAN LAGI NEH?? Kaya tiap adegan lagi yang lebih aneh. Gue juga jadi mikir "oh ini yah manusia US sesungguhnya" HAHAHAH. Dan please cek #TigerKing di twitter, ada kali gue menghabiskan satu jam cuma buat ngakak scrolling meme. Terima kasih Netflix untuk distraksi di tengah wabah, yang mampu menyatukan umat di media sosial!
calon presiden 2016 gengs....
Connecting people
Gue kehilangan kesempatan bertemu dengan teman-teman gue di sini, bahkan salah satu teman terdekat gue dipanggil pulang ke Singapore. Sedih deh... Tapi paling ngga, gue bisa berkomunikasi online dengan teman-teman terdekat dan keluarga. Gue jadi sering menghubungi mereka dan nanya kabar, mulai dari via watsap, DM, zoom, sampai webex. Gue bahkan sempet nanya kabar orang yang mungkin ga perlu gue hubungin juga. Gengsi sih, tapi gimana dong gue beneran peduli. I guess stop being friend does not necessarily mean you stop caring. Tapi ya gitu, begitu tau orang tersebut baik-baik aja, gue kaya belom pengen ngobrol lagi. Berhenti aja udah, padahal kaya masi ada yang ganjal. Mungkin waktunya belum tepat. Atau mungkin ga akan ada lagi nanti? Ga tau ah.

Oh Indonesia
Gue di atas bilang kalo gue ga mau bahas Trump karena nanti gue bakal emosi. Harusnya sih gue ga bahas gimana kelakuan pemerintah pusat Indonesia yah, karena gue akan makin emosi, tapi gimana dong nggga bisa gue tahan! Gue kecewa banget sama reaksi presiden & co menanggapi wabah ini. Kelihatan ngga punya persiapan menghadapi COVID-19. Kaya SEMUANYA bermasalah. Gue dulu udah cukup heran pas pak menteri dismissed hasil riset dari Harvard. Why so condescending?? Sekarang lihat kan gimana keadaan di Indo... Pejabat-pejabat ini pernah ga sih datang langsung ke rumah sakit, melihat langsung kondisi di lapangan? Kaya ngga ada sense of urgency sama sekali.

Gue yakin sih sebagian kelambanan pemerintah ini karena birokrasi. Gue baca berita kalau alat tes lama tertahan karena PERIZINAN. Ya Tuhan, udah krisis kaya gini masi aja mikirin birokrasi, bukan mikir gimana caranya mempercepat penanganan. Belum lagi masalah pemerintah pusat vs daerah. Okelah undang-undang bilang karantina jadi kewenangan pemerintah pusat. Terus apa? Bikin istilah pembatasan sosial berskala besar whatever that means. Kenapa takut amat sama istilah karantina? Gue juga awalnya kurang setuju sama karantina. Tapi ya tolong itu orang-orang di tes. Dilacak. Toh data pribadi kita juga ngga dijaga dengan baik di Indo, sekalian aja lah dimanfaatkan buat ngelacak pergerakan ODP. Sekarang tes terpusat, birokrasi lagi bikin lamban, dan itu pun jumlah tes ngga seberapa per hari. Supply yang kurang, atau SDM, atau lab, atau kurang apa sih? Ada lagi statement ngga akan mengeluarkan semua data, apa sih yang ditakutkan dari transparansi?

Oke supply kurang dan pemerintah ngga bisa ngapa-ngapain. Kenapa ngga karantina? Ngga ada anggaran buat menanggung hidup rakyat? Takut sama dampak ekonomi? Jangan mulai deh bahas dampak ekonomi. Kemaren ada kolega gue mengeluh di grup tentang kalau kajian ttg dampak ekonomi ngga didengar sama pemerintah suatu propinsi, yang akhirnya milih buat nutup akses propinsi tersebut. So what? 

Lagian kalau mau beneran hitung dampak ekonomi, tuh hitung benefit dari karantina/tutup akses/social distancing/apalah. Hitung berapa benefit ekonomi dari nyawa orang-orang yang selamat. Bisa ko hidup manusia dihitung secara kuantitatif. Gue yakin di antara sekian banyak orang pinter di pemerintahan/lembaga, pasti ada yang tau konsep Value of Statistical Life. Atau mereka udah ngerti dan tau cara hitungnya, cuma diabaikan? Itu stafsus milenial lulusan universitas-universitas bagus, gue yakin banyak juga staf-staf khusus lainnya yang lulusan luar negeri kampus bagus. Mana hasilnya? Malu sama ijazah.

Belom lagi komunikasi politik. Ya Tuhan, gue bingung tiap hari baca berita. Urusan mudik aja maju mundur. Boleh mudik, tapi harus isolasi. Ngana pikir orang-orang mudik terus akan sukarela diem aja di rumah, ngga akan keliling ke rumah handai taulan? Ngga boleh mudik. Ngga disarankan mudik. Yang bener yang mana? Kemudian keringanan kredit hanya untuk yang positif. Pertimbangannya apa?? Apa pekerja yang kehilangan income karena wabah akan didiemin aja?

Selama ini pemerintah banyak mengeluarkan statement bersifat himbauan. Udah tau orang Indo tuh ngeyel, dihimbau doang mana mempan. Kenapa ngga keluarkan perintah sekalian sih? Dan please please please for the love of God, tolong itu bantu dokter/pekerja medis. Gila aja mereka menghadapi wabah tanpa PPE yang memadai. Ini malah buka crowdfunding. Ya Tuhan sampai speechless gue...

Yang bikin gue kesal, kita punya 2 bulan buat persiapan. Tapi apa sih yang udah disiapkan selama 2 bulan itu? Di saat kaya gini gue merasa pemerintah ngga punya state capacity sama sekali. Sebenernya apa sih akar masalah yang bikin jadi kaya gini?

Kelakuan sebagian masyakarat Indo juga ya ampun.... Masih ngotot ibadah jamaah, maling masker, influencer ga penting bikin tutorial membuat hand sanitizer (yang cuma kira-kira ngga ada dasarnya), penimbun PPE, kantor-kantor yang ngotot nyuruh pegawai masih ke kantor padahal pekerjaannya ngga esensial buat masyarakat umum. Belom perang buzzer di media sosial, mulai buzzer pemerintah sampai buzzer khilafah. Gini aja terus sampai doraemon tumbuh jenggot.

Gue mau banget ngga cuma ngeluh doang, ngga cuma nyalahin pemerintah. Tapi gimana yah, komunikasi selama ini ngga transparan, dan gue ngga tau akar masalahnya apa.  Jadi inget ada beberapa orang di media sosial yang bilang "jangan kritik, jangan menyalahkan, kontribusinya mana". Please. Dikritik aja masi kek gini, apalagi kalo didiemin..

Udah ah sesek napas gue mikirin Indonesia. Hikmahnya adalah, lain kali kalo milih birokrat/bos/pimpinan, carilah mereka yang bisa sigap dan tanggap di saat krisis.

I should have done this and that
Tadinya gue punya rencana macem-macem untuk spring quarter. Gue mau ke museum ini, mau ikut tur itu, ngopi di sana, nyobain sushi di situ, mau lihat pemandangan di sana, etc etc. Bahkan gue sampai punya daftar hal-hal yang mau gue kerjain di quarter terakhir di Chicago. Tapi sekarang rencana tersebut buyar... Emang bener yah kalo udah menginginkan sesuatu, langsung eksekusi aja ngga perlu ditunda-tunda, apalagi disimpan untuk quarter terakhir.

Hal-hal tersebut masih bisa gue lakukan nanti-nanti, selalu ada kesempatan bagi gue untuk kembali ke Chicago. Tapi untuk quarter terakhir gue di grad school? Ngga ada lagi tergopoh-gopoh ke kampus karena telat bangun, kuliah di Keller, maksi di Booth atau Hutchinson, nangkring di depan kantor dosen buat nunggu giliran office hour, kerjain PR rame-rame di basement Reg dilanjut diem di lantai 3 sampai malam, sampai akhirnya kedinginan nunggu bus North buat pulang. Mungkin gue ngga akan ketemu temen-temen sama dosen-dosen gue lagi, Wisuda aja belom jelas, jadi atau ngga.

Dulu gue sering mengeluh "hadehh ngga enak belajar di Keller, kebanyakan orang!", tapi sekarang gue jadi kangen hahaha... Emang yah manusia, gue tepatnya, suka take things for granted... Yah paling ngga gue udah merasakan 5 quarter di grad school. Gue mungkin akan tetap ke kampus sih, jalan-jalan mengobati kangen sekaligus melihat yang ijo-ijo. Kampus gue sungguh cantik saat spring!

Akhir kata, semoga wabah ini cepat berlalu!

No comments: