Thursday, July 18, 2019

Semalam di Belgrade

Sebenernya gue ke Belgrade hanya demi bisa naik kereta Belgrade - Podgorica, yang konon digadang-gadang sebagai salah satu rute paling scenic se-Eropa. Makanya untuk Belgrade itin gue super sederhana:

Jumat 28 Juni:
  berangkat naik bus dr Ljubljana
Sabtu 29 Juni:
  sampai di Belgrade
  boci di hotel
  beli tiket kereta
  free walking tour Belgrade
  nongkrong geje di city center
Minggu 30 Juni:
  cuss naik kereta ke Podgorica

Tapi ternyata Belgrade melebihi ekspektasi ku! Sungguh gue menyesal hanya menghabiskan 1 malam di sini.

Patut Diketahui

• Mata uang: Serbian Dinar. 1 Euro sekitar 120-150 Serbian Dinar. Tapi semua resto/toko yang gue kunjungi menerima Euro.
  • Tingkat kemahalan: Belgrade murah cuyyyy, gue makan dan minum di resto fancy senilai kurang dari EUR10. Bahkan tiket teater bisa seharga 5 Euro sahaja!
  • Sim card: nomor T-mobile US gue bisa dipakai di sini, free roaming walau kecepatan koneksi hanya 2G. Sad but better than nothing.
  • Serbia pakai alfabet cyrillic namun jangan cemas, mereka juga pakai alfabet latin. Jadi ga akan pusing kalo baca petunjuk jalan.

Ljubljana - Belgrade

Tadinya mau ke Belgrade dari Ljubljana hari Sabtu, 29 Juni pagi-pagi. Gue kira bisa naik kereta, atau kalaupun naik bus paling 5 jam doang. Eh taunya jarak Ljubljana dan Belgrade itu jauh :) bahkan melintasi Kroasia :) ngga ada kereta langsung :) naik bus kurang lebih 8 jam :) betapa gue harus lebih peduli sama geografi sebelum sotoy bikin itin :)

Setelah cari alternatif lain, ternyata ada bus langsung yang hamdallah tiketnya bisa dibeli online. Beli di web ini, fyi tiketnya hanya bisa dibeli maksimum 30 hari sebelum tanggal keberangkatan. Jangan kaget begitu di halaman pembayaran karena hanya pakai bahasa Slovenia. Di sini gue memahami betapa besar jasa google translate... Bukti pembeliannya bukan tiket yah gengs. Gue tetap harus ambil tiket di terminal bus di Ljubljana. Gue juga ngga bisa milih seat, jadi berdoalah semoga dapet seat yang enak, jangan kaya gue dapet seat terdepan jadi ga bisa lurusin kaki.

berasa kenek
Info penting tentang bus: gue ga nemu stop kontak di bus ini, dan ada biaya tambahan 1 Euro kalau bawa bagasi.

Gue berangkat hari Jumat 28 Juni, berangkat jam 22.30 dari Ljubljana. Lumayan bisa hemat biaya hotel semalam. Lewat jam 12 malam, gue masuk ke wilayah Kroasia. Turun dulu dari bus demi ngecap paspor. Bus berangkat lagi dan gue pun tidur-tidur ayam, sampai sekitar jam 4 subuh gue turun lagi kali ini buat border control Serbia. Jam 6.30 pagi tanggal 29 Juni, sampai lah gue di terminal bus Belgrade dengan super ngantuk dan kaki kaku akibat ketekuk semalaman.

CarGo penyelamat hidupku

Turun dari terminal, gue nuker uang dan celingukan cari transport ke hotel. Gue tadinya mau naik Uber, namun setelah gue buka Uber, muncul lah notifikasi "Uber is currently unavailable in your location.". Panik. Gue gugling info taksi di Belgrade, dan semua link yang gue buka bilang hati-hati naksi di Belgrade karena scam. Makin panik. Ditambah google maps ngga nunjukin rute angkutan umum. Panik level dewa.

Gue gugling lagi, dan muncul lah info transport yang reliable: ada app ride sharing kearifan lokal Serbia bernama CarGo. Namun karena internet gratis hanya sampai di level 2G, ku tak bisa download app tersebut... Di titik ini gue udah hopeless sama transport. Menurut gmaps, terminal ke hotel bisa ditempuh dalam kurang lebih 30 menit. Not bad gue pikir, jalan aja deh gue sekalian ngelemesin kaki.

Akhirnya gue jalan kaki geret koper ke hotel, melintasi jembatan (jembatannya segede jembatan Pasupati btw) dan taman luas (melewati rombongan bapak ibu lagi olahraga pagi). Gue rasa commuters/bapak ibu Belgrade juga bingung ngeliat gue: "ni kenapa pagi-pagi ada mba-mba kerudungan geret koper? Abis diusir mertua apa gimana??". Sama dong gue juga bingung sama diri gue sendiri... Ada kali 40 menit gue jalan geret koper ala cross country. Kaki gue bukannya jadi lemes tapi jadi makin tegang.
bad judgement on my part
Jadi jangan ulangi kesalahan ku yang gengs. Download lah CarGo sebelum sampai ke Belgrade!

Kembali ke topik, sesampainya di hotel gue langsung download CarGo. Jujur gue udah males naik transportasi umum karena males cari info rute. Dan CarGo ini emang super reliable yah. Mobil mudah didapatkan, aplikasinya easy to navigate, dan secara harga juga ga mahal. Cuma app-nya agak suka-suka: kadang pake bahasa Inggris, kadang pake bahasa Serbia. Masih bisa dipahami sih, kalau familiar sama Uber bisa lah menerka-nerka arti bahasa setempat... Yang jelas, gue kemana-mana di Belgrade pake CarGo dan aman-aman aja. Laffff!
kearifan lokal yang patut dijaga dan dilestarikan

Hotel

Gue nginep di Green House Hostel yang direkomendasikan oleh suatu blog (gue lupa apa). Lokasinya agak jauh sih dari pusat keramaian, mungkin kalau gue ke Belgrade lagi gue akan nginep di hotel yang dekat ke city center. Tapi sungguh jarak jauhnya terbayar dengan ketenangan dan pemandangan:
sungai di belakang hotel
Cakep kan? Kalo kata temen gue N, damai buat merenung dan nulis-nulis (kalo dipikir-pikir, kalo merenung hasilnya cuma 2: dapet pencerahan atau jadi saddd). Udah gitu host gue juga baik banget, check in harusnya jam 1 tapi walau gue dateng kepagian, katanya wes gpp masuk kamar aja dari sekarang. Rate kamarnya pun murah. Gue pesen kamar single, eh dapetnya kamar dengan 3 tempat tidur. Nyaman pula. Sungguh ku tak menyesal walau ku cross country tuk mencapai hotel ini.

Belgrade in a hindsight

Karena gue buta tentang kota ini, ditambah gue lagi males mikir, gue ikutan free walking tour. Lumayan banget 2 jam keliling-keliling dan diceritain tentang kota ini. Ada beberapa tempat menarik bagi gue selama tur:
Skadarlija atau Bohemian Quarter, ini jalan yang konon paling hitz, kanan kiri dipenuhi oleh restoran, kafe, galeri... Suasananya juga super chill. Anak indie pasti bahagia kalo ngopi sore di sini.
sepanjang Skadarlija
menunggu si abang
Belgrade fortress, yang awalnya dibangun sejak jaman Romawi!! Karena letak benteng ini di atas bukit, gue bisa lihat panorama kota. Bahkan gue bisa melihat aliran sungai Sava menyatu dengan sungai Danube. Di sepanjang benteng juga banyak orang duduk nongkrong walau matahari lagi terik.
benteng takeshi Belgrade
pertemuan dua sungai
anak nongkrong Belgrade

Knez Mihailova street, jalan di city center yang dipenuhi oleh toko-toko dan hanya untuk pejalan kaki. Kalo di Vienna, mirip-mirip jalan di sekitaran Stephansplatz. Yah tipikal jalan-jalan pusat keramaian dan perbelanjaan di Eropa lah. Cuma di Belgrade, toko-tokonya ngga seborju itu. Suasananya juga less touristy tapi tetap ramai.
keramaian
suasana sore
National Museum of Serbia
Kalo disuruh milih satu tempat paling berkesan, gue akan pilih Skadarlija. Sangat chill... Sebenernya ada satu lagi yang nda bisa dilewatkan kalo di Belgrade: church of Saint Sava, gereja ortodoks kedua terbesar di Eropa. Baca-baca sih dalemnya bagus dan beneran gede banget. Sopir CarGo gue pun rekomen tempat ini. Cuma sayang waktu itu gue lagi super mager, letak gerejanya kaya 30 menit jalan kaki dari city center. Dipikir-pikir gue nyesel sih ngga ke sana hiks...

Buat kuliner, yang berkesan bagi gue restoran yang namanya Manufaktura. Sumpah yah Manufaktura ini instagrammable abis. Dan walaupun fancy, tetep aja murah! Gue makan minum ngga nyampe 10 Euro. Bahagia deh!
cevapi
jendela restoran
outdoor dining area
Oh satu lagi yang berkesan: di tengah musim panas menyengat, ditambah pula dengan serangan heatwave di Eropa, Belgrade tetep adem!! Yah adem dalam artian suhu sekitar 27 derajat sih, tapi itu JAUH lebih baik dari kota-kota yang sebelumnya gue kunjungi (yang selalu di atas 32 derajat huhu sedih...). Kayanya ini kota pertama selama trip dimana gue sanggup pake celana jeans, bukan celana linen.

Kata guide gue, walau Belgrade ngga seterkenal kota-kota lain di Eropa, namun kota ini punya charm tersendiri. Gue rasa pernyataan dia ada benarnya, walau gue ngga bisa mendeskripsikan charm apa yang dimaksud. Mungkin kotanya kaya Jakarta kali yah, siapa sih turis yang mau ngabisin waktu lama-lama di Jakarta? Tapi begitu kena charm-nya Jakarta, pasti bakal pengen tinggal lebih lama di sini buat menjelajah lebih jauh. Kira-kira itu yang gue rasain terhadap Belgrade. Gue kaya pengen balik lagi demi bisa ke gereja St Sava, nongkrong di Skadarlija, nonton teater, ikutan tur tentang perang, masuk museum, bahkan buat duduk bego di Knez Mihailova.

Kereta Belgrade - Podgorica

Seperti yang gue bilang di atas, rute kereta ini konon salah satu yang paling scenic di Eropa. Semacam Orient Express versi rustic kali yah. Sebenernya jalur lengkapnya adalah dari Belgrade di Serbia ke Bar di Montenegro. Diresmikan di di tahun 1976 di era presiden Yugoslavia bernama Tito (kalo lupa coba cek lagi buku RPUL jaman SD), jalur kereta sepanjang 476 km ini sangat ambisius pada jamannya dengan 435 jembatan dan 254 terowongan. Sebagai engineer iseng-iseng™, tentu gue ga mau melewatkan kesempatan mencoba rute mahakarya engineering ini (nyambung). Yha selain itu gue juga naik ini juga for the sake of adventure sih.

Berhubung gue ngga belum sanggup naik Orient Express, dan karena jalur ini paling murah dibanding rute scenic yang lain, gue naik kereta ini dulu aja deh. Itu pun bukan rute penuh ke Bar, tapi gue turun di Podgorica, ibukota Montenegro. Mempertimbangkan tujuan utama gue di Montenegro adalah Kotor, dan gue males lama-lama di kereta, jadinya gue turun di Podgorica aja nanti lanjut bus ke Kotor. Sebenernya ada bus langsung dari Belgrade ke Kotor, bahkan waktu tempuhnya lebih cepat dibanding kereta. Tapi sekali lagi, jiwa bertualang dan engineer (tetep) gue lagi membara, jadi gue memilih naik kereta ini.

Sayangnya tiket ngga bisa dibeli online, jadi gue harus beli di stasiun di Belgrade. Belinya pun bukan di Belgrade Centre Station, tapi di stasiun kecil yang namanya Topcider. Masih di kota Belgade sih cuma di selatan, agak jauh dari center. Berangkat pun dari stasiun ini. Ticket office stasiun Topcider terpisah dari bangunan utama stasiun, jadi dari bangunan utama menghadap ke rel, belok kanan lalu ikutin rel sampai ketemu bangunan bertuliskan ticket office. Gue beli tiket keberangkatan hari Minggu, 30 Juni jam 9 pagi.
Stasiun kecil. Bangunan putih di kanan itu ticket office.
Kalau mau naik kereta ini, jangan lupa bawa bekal. Sebenernya ada bar di kereta, cuma menu makanan cuma 3 (itu pun sandwich semua) dan yang ngga haram (sandwich keju) pun habis. Ngga bawa air pun masih ngga apa karena bar kereta punya semua jenis minuman: mulai dari air minuman, soda, kopi teh, sampai segala bir. Yang penting adalah bawa makanan biar ga kelaperan selama 10 jam!

Karena ini kereta jadul, jadi sistem duduknya masih kompartemen. Satu kompartemen diisi 6 orang. Fyi gengs, kursi terbaik adalah kursi yang menghadap ke depan paling kanan, karena pemandangan bagus sebagian besar ada di sisi kanan kereta. Kebetulan gue dapet kursi ini yuhuuu!! Kayanya sih suka-suka aja mau duduk dimana, plus penomoran kursi di dalem kompartemen juga ngga jelas.

Story time: pas gue masuk kompartemen gue, udah ada 3 cewe dedek-dedek yang duduk di samping jendela dan di tengah menghadap depan. Mereka bilang terserah duduk dimana aja. Belum sempet gue duduk, masuklah 2 mas-mas ke kompartemen.
mas-mas 1: sori itu kursi kita (nunjukin tiket)
dedek 1:  ngga ada nomor di kursi
mas-mas 1: (jadi ketus) tapi itu kursi nomor 75 dan 76
dedek 2: bisa jadi 75 76 yang ujung deket pintu
mas-mas 1: (wajahnya menjurus murka, ngecek ke kompartemen sebelah) ngga, itu bener kursi 75 76 yang di deket jendela
mas-mas 2: (mukanya udah jengah)
dedek-dedek: (saling berpandangan)
gue: (khas orang timur pada umumnya hanya diam mencari aman)

Akhirnya dedek-dedek itu ngalah. Mas-mas itu duduk di deket jendela, dan gue duduk di kursi paling kanan menghadap depan. Muahahaha seandainya mas-mas itu tau ini kursi dengan pemandangan terbaik....
keretanya nih
Oke gue akui keretanya tampak tak meyakinkan, but it's a part of its charm right?? Lagian itu luarnya aja ko, dalemnya walau jadul tapi lumayan lah. Pake AC juga walau ga dingin-dingin amat. Toilet juga masih oke, walau gue menyarankan bawa tisu antiseptik buat ngelap duukan kloset sebelum dipakai. Tapi jangan lupa power bank, karena ngga ada stop kontak di kereta. Sinyal gue pun timbul tenggelam selama perjalanan.
gerbong kelas 2
sign yang sederhana. 467 itu nomor gerbong

Anyway, pemandangan yang beneran huwoww ada setelah border Serbia-Montenegro. Jadi selama masih di Serbia, mending bobo-bobo aja dulu. Ada memang beberapa pemandangan oke, namun imo diabaikan pun nda rugi. Kalo udah masuk wilayah Montenegro, mending cabut ke bar. Karena di bar, jendelanya bisa dibuka jadi hasil foto-foto lebih maksimal.
Serbia countryside
still at Serbia countryside
Kereta ini juga berhenti di beberapa stasiun, dan berhenti juga untuk border control Serbia dan Montenegro. Jangan lupa selalu bawa karcis tiap kemana-mana, karena selalu ada pemeriksaan karcis setelah kereta berhenti di stasiun.
monastery di perbatasan Serbia - Montenegro
melintasi pegunungan
glare karena gue memfoto dari jendela
bukti bahwa foto-foto ini bukan hasil gugling

dari terowongan...
...ke terowongan
sungai entahlah apa ini
viaduct di kejauhan, tanda sudah dekat ke Podgorica
Pemandangan di foto-foto gue emang ga meyakinkan sih buat naik kereta selama 10 jam. Tapi beneran deh foto-foto itu ngga sebagus aslinya! Ga apa deh gue masuk angin gegara kelamaan ngeluarin kepala di gerbong bar, yang penting gue bisa menikmati udara segar dan pemandangan. Sekitar jam 19.30, sampai lah gue di kota Podgorica. Lumayan on time, ngga ngaret-ngaret amat.
sampai!!
Jadi gimana, does it worth to spend 10 hours ? Menurut gue sih iya! Harga tiket murah, kereta mayan oke, pemandangan bagus. Jiwa bertualang gue dan engineer (yha) gue pun terpuaskan. Tapi kalau disuruh ngulang ya gue mikir-mikir hahaha... Badan udah ringkih cuy, kelamaan duduk dan kena angin bikin sakit satu badan. Imo ini pengalaman yang cukup sekali seumur hidup, dan gue merasa naik kereta ini adalah salah satu pencapaian terbaik di trip gue.