Monday, July 15, 2019

Central Europe - Balkan trip 2019

Hai!! Sungguh gue udah lama ga nulis di blog ini.. Berhubung gue lagi summer break, gue akan update blog ini dengan rangkaian post mengenai jalan-jalan gue yang terakhir, yaitu Hungaria, Austria, dan area Balkan!

Jadi dari 18 Juni - 12 Juli kemarin, gue jalan-jalan ke kota-kota sebagai berikut:

  1. Budapest, Hungaria 
  2. Vienna dan Salzburg, Austria
  3. Ljubljana dan Lake Bled, Slovenia
  4. Belgrade, Serbia (termasuk kereta dari Belgrade ke Podgorica, Montenegro)
  5. Kotor, Montenegro
  6. Mostar, Bosnia dan Herzegovina
  7. Dubrovnik dan Stari Grad, Kroasia
  8. Zagreb, dan Plitvice Lakes, masih di Kroasia

Tiap nomor di atas akan gue kasih link ke post tentang kota-kota tersebut begitu gue selesai nulis. Gue akan tulis tentang kesan gue terhadap kota-kota tersebut, satu tempat yang ga boleh dilewatkan di tiap negara, dan pengalaman selama di sana. Tapi jangan harap gue nulis berapa biaya yang gue habiskan di tiap kota, karena gue ga inget dan ga catat sama sekali. Kebiasaan buruk sih, harusnya gue catat pengeluaran selama jalan-jalan. Cuma yah gitu, namanya juga malas :) Sekarang gue cuma akan nulis general things tentang solo travel terlama gue aja.

Kenapa Hungaria - Austria dan Balkan?

Karena Game of Thrones! HAHAHAHA sungguh motivasi yang dangkal... Gue pengen banget mengunjungi Dubrovnik, lokasi shooting-nya GOT. Udah dari 3 tahun lalu kayanya gue pengen ke sana. Baca-baca juga, biasanya selain ke Dubrovnik orang juga sekalin jalan-jalan keliling Balkan. Makin tertarik lah gue, secara negara-negara Balkan relatively kurang dikenal di Indo. Orang taunya perang aja ga sih, padahal udah ga perang dari 20 tahun lalu. Ditambah area Balkan tuh menurut gue area yang baiknya dikunjungi saat gue masih punya energi berlebih alias masi muda. Ga kebayang gue kesana kalau udah berkeluarga, ringkih, dan gamau repot wqwqwqq... Kemudian kenapa ada Hungaria sama Austria? Kalau ini simply masalah visa aja, orang Indo bisa ke Balkan pake visa Schengen. Selain itu, gue juga pengen banget ke Budapest. Kalo yang ini tanpa alasan, sungguh di otak gue somehow Budapest itu kota yang eksotis makanya pengen ke situ. Kenapa Austria? Karena gue punya kenalan di Austria, orang sana juga, yang ngasi tips apa aja yang oke. Jadi sekalian deh.

Pertiketan 

Gue beli tiket agak impulsif sih. Waktu fall quarter lalu pas gue lagi stres ngerjain PR micro, gue iseng buka skyscanner. Dan ketemu lah tawaran Chicago - Zagreb PP naik American Airlines hanya USD 600an! Dan itu buat summer, high season yang biasanya harga tiket lebih dari USD 1000. Langsung lah gue sikat. Dan setelah sikat, gue duduk terpekur dan mikir: ya Tuhan ini gue kenapa yah? Ga salah nih langsung beli tiket? Tapi kalo dipikir-pikir lagi itu keputusan yang tepat, karena kalo mikir lama menimbang-nimbang yang ada gue ga jadi beli dan ga akan mewujudkan hal yang gue inginkan.

Urus visa gimana?

Gue pake visa Schengen dari Hungaria. Untung ada konsulat Hungaria di Chicago. Terus prosesnya juga cepat, dalam 2 hari visa udah jadi. Bandingin dong sama di Indo yang bisa 2 minggu lebih :) Syarat visa apa aja cek aja lah ya di internet. Yang bikin gue seneng, walaupun hampir semua negara Balkan (kecuali Slovenia) bukan anggota Schengen Zone, tapi gue bisa masuk ke sana dengan pakai visa Schengen. Bahkan ada negara yang nerima visa US. Lagi-lagi, daftar negara apa nerima visa apa bisa dicek di internet.

Tapi yang bikin gue sad, sejak 2015 hampir tiap tahun gue bikin visa Schengen tapi tetep aja tiap tahun semua syarat diminta lagi. Tetep aja ribet ngurus dokumen ini itu. Kalo gue udah terekam ke Schengen zone tiap tahun, kenapa coba gue ga dikasih visa multiple visit yang berlaku beberapa tahun? Bandingin deh sama penduduk Eropa yang bisa yuhuuw Indo I'm coming, ke Indo tinggal dateng ngga usah ribet pake visa. Sedih deh paspor Indo ngga powerful sama sekali. Well that's Visa inequality I guess, and I think national border is a ridiculous concept, but that's a whole another topic... 

Mengenai solo travel

Karena gada yang bisa diajak? Hahaha... Tapi tbh sebenarnya gue pengen nyoba solo traveling yang lama. Selama ini kalau jalan-jalan keluar negeri biasanya selalu bertiga, kalau solo paling pas lagi dinas. Tapi dinas paling sekitar 10 hari aja, itu pun kepotong dinas beneran beberapa hari. Mumpung sekarang gue lagi summer break, kapan lagi yakan libur 3 bulan! Bahkan ini libur terlama gue sejak libur kuliah 10 tahun lalu :)) Jadi gue harus manfaatkan kesempatan dong, masa ga jalan-jalan cuma karena ga ada teman jalan. Ditambah gue pengen ngerasain solo travel selama sebulan, apakah bener se-WOW itu kaya yang digadang-gadang banyak orang?

Dan ternyata benar, solo travel feels good!!! Biasanya sebelum pergi, gue selalu rencanakan dengan seksama. Semua hotel, transport (kalo applicable), dan tur pasti gue book di awal. Bahkan gue bikin tabel excel komplit dengan link dan jamnya sekalian: jam 9 ke museum ini, jam 12 maksi, jam 2 ke pasar yang itu, etc etc. Nah kali ini, gue bener-bener terserah gimana nanti aja deh. Gue tetep book hotel dan transport lebih awal, lagi high season juga takut kehabisan hotel yang oke. Tapi gue bener-bener ga tau di tiap kota mau kemana aja. Gue baru googling places to visit begitu sampai di tiap kota. Itu pun gue super fleksibel: kalo mager wes keluar hotel jam 2 siang aja, kalo jauh wes ga jadi dateng kesono, kalo panas wes balik hotel aja. Intinya adalah solo travel = BEBAS. Gue bebas bisa bangun jam berapa aja, bebas mau makan foya-foya atau ngirit, bebas kalo lagi ambisius atau mager, bebas ganti rencana atau impulsif sesuka hati. 

Tapi solo travel ada ngga enaknya juga. Gue orangnya agak sloppy, kaya kemarin bantal leher gue ketinggalan di kereta. Kalau ada temen, seenggaknya ada kemungkinan mereka bakal ingetin gue. Gue juga harus tetap waspada di perjalanan, kalau mau tidur di kereta/bus harus lihat-lihat kondisi dulu. Trus ngga ada temen ngobrol juga, kadang gue pengen obrolin atau komentarin hal-hal yang gue lihat. Kan aneh ya kalo gue ngomong sendiri. Iya sih kadang ketemu temen ngobrol, cuma kan kangen pengen ngobrol pake bahasa ibu :). Kalo gue pengen berfoto, kalo ada temen kan enak bisa "cuyy fotoin dongs" dan udah deh pose sesuka hati. Kalo solo travel, gue hanya mengandalkan "ekskyus mi ken yu teik pikcer of mi?". Atau jurus paling ampuh, nawarin buat fotoin orang-orang yang selfie, niscaya mereka akan balik menawarkan. Memang solidaritas sesama traveler adalah suatu hal yang nyata. 

Tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sih kalau solo travel. Sebelum gue berangkat, hal paling penting imo: share semua itinerary ke orang-orang yang bisa lo percaya. Gue kirim scan paspor, visa, insurance, semua booking hotel dan transport, dan tiket pesawat ke adek gue, dan temen gue di Jakarta dan Chicago, in case (getok-getok meja) kalau ada apa-apa. Selama di perjalanan pun, gue update kondisi ke temen-temen atau keluarga. Sama satu lagi, jangan sampai merasa kesepian selama perjalanan. Wajar sih emang ngerasa lonely, tapi jangan terus-terusan juga selama liburan. Kalau udah gini, gue biasanya ngobrol sama temen-temen gue biar terasa ada menemani. 

Special thanks

Lanjutin dari yang gue tulis di atas, gue bisa menikmati solo travel kemarin berkat temen-temen gue yang menemani. Sebelum gue berangkat, ada hal yang bikin gue agak gloomy. Bukan agak lagi bahkan, gue sampai nelpon temen gue borderline crying jam 2 malem waktu Chicago di hari gue berangkat! Tapi hamdallah ya pas banget bisa jalan-jalan waktu gue lagi gloomy, jadi ada kesempatan menghbur diri. Jadi my heartfelt gratitudes buat temen-temen gue sbb yang bikin gue ngga merasa gloomy dan lonely:

S di Jakarta yang gue titipin itin, dan selalu memantau pergerakan gue, plus juga encourage gue perkara ke-gloomy-an.
Ybs post ini waktu gue tidur dari jam 10 malem sampai jam 9 pagi
Huhu makasih temenku yang paling peka sama akuhh.

A di DC, yang selalu menampung cerita-cerita sampah selama di perjalanan dan memberikan hikmah:
Contoh percakapan penuh hikmah
Y di Melbourne, yang juga menampung cerita-cerita sampah dan memberi nasihat mamah dedeh:
Ybs setelah menganalisis why I feel the why I feel
N di Jakarta, yang mengikuti transit saga gue dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (ape). 
Ini dia oknum yang gue telepon jam 2 malem. Huhu makasi!
I di Jakarta. Nah sebenernya gue ga ngobrol banyak ma nih orang. Pas berangkat, dese reply postingan socmed gue ngeledekin yang bikin gue "hmph dasar dewan nyinyir ig/twitter!". Tapi setelah itu, dese reply postingan socmed gue yang lain dengan komen sebagai berikut:
singkat padat jelas
Yang ini gue masukin ke hati banget. Galau lah pada waktunya jangan waktu liburan wqwqqq...

Soundtrack

a.k.a lagu-lagu yang menemani selama perjalanan:
  • Living in the Snow - Mocky. Tetiba nemu di Spotify malam sebelum berangkat, dan langsung download sealbum buat nemenin di pesawat. So chill.
  • I Thought About You - Frank Sinatra. Lagu apalagi coba yang cocok menemani selama perjalanan di kereta melihat pemandangan di luar sambil memikirkan dirinya?
  • Berpisah di St. Carolus - Nia Daniati/Rani/banyak penyanyi lain. Gue kalo capek jalan-jalan dan/atau kepanasan, pasti bakal berteduh duduk ngemper di pinggiran air mancur atau gereja. Kalau gue ngga sendirian, gue bikin deh video klip aku berpisah di teras St Carolus air mataku jatuh berlinang...
  • Stay - U2. Song stuck selama gue merasa gloomy di Vienna. Gue sampai gugling arti lagunya coba. Pertanda apakah ini??
  • Paradise - George Ezra. Pertama kali denger lagu ini di Zagreb sebelum ke Lake Plitvice. Paradise indeed!

Lesson learned

Bahwa jalan jauh bisa menyeleksi mana teman dekat yang beneran dekat, bukan yang dekat cuma karena jarak yang literally dekat aja. Dan ngga apa-apa kalau mau cut ties dari orang yang semaunya aja dan/atau orang yang hubungin kalau ada maunya, meski pun orang tersebut tadinya dianggap dekat. Bikin capek aja. Mending gue fokus sama orang yang beneran peduli dan penting bagi gue. 

No comments: