Tuesday, February 19, 2019

Perkara Kehidupan Kuliah

Seperti yang udah gue post sebelumnya, sekarang gue lagi melanjutkan kuliah di Chicago, US. Boleh bangga kan ya kalau bilang kampus gue salah satu dari top 10 sedunia? Sekarang gue mau cerita kehidupan gue selama hampir 7 bulan gue di sini. Gue rasa kalau ada yang mau lanjut master, pertanyaan pertama yang perlu diajukan adalah: capek ga kuliah master? 

Ya jelas capek: PR banyak, tiap hari ngomong bahasa Inggris, kuliah susah, dan banyak hal baru yang dipelajari. Ngga bisa sesantai S1 dulu. Bisa santai sih sebenernya. Mau cabut kuliah juga ga ada yang peduli, diabsen pun ngga. Ada hari dimana gue merasa males banget, down, hilang semangat buat melakukan apapun. Tapi gue tetap maksain datang ke kampus. Beres kuliah langsung pulang? Ya ngga, lanjut belajar lagi dimana kek selain di gedung jurusan (berhubung gedung jurusan gue agak gloomy fyi).

Terus kenapa maksain ke kampus kalau emang lagi down? Entah kenapa gue merasa harus bertanggungjawab sama kuliah. Gue yang pilih buat lanjut kuliah, gue harus tanggung jawab buat melakukan itu. Mungkin gue sudah lebih dewasa kali ya dibandingkan waktu undergrad dulu? Mungkin... Terus gue sekarang kuliah pun dibayari institusi. Malu sama institusi kalau kuliah ogah-ogahan. Lebih utama, malu sama diri sendiri kalau kuliah ngga bener. 

Gue inget banget momen yang paling bikin gue down. Quarter lalu ada PR yang susahnya udah di luar nalar. Gue ngadep dosen lah nanya. Tapi gue ga mengerti sama sekali penjelasan si dosen. Mungkin karena waktu itu gue lagi capek (hampir tiap hari gue capek, tapi waktu itu ada 3 PR sekaligus dan mendekati final exam), gue jadi down sejatuh-jatuhnya gue bisa down. Gue ngerasa bego: gue udah baca buku, cari bahan di internet, bahkan nanya ke dosennya langsung, tapi tetep ga ngerti. Jelek banget deh mood gue waktu itu. Saking jeleknya sampai gue cuss keluar jurusan, mindlessly jalan kaki ke perpus melewati salju (gimana perasaan ngga makin gloomy?). Belakangan gue tahu, kalau ngga cuma gue yang merasa PR susah. Semua temen gue merasa susah. Memang dosennya kepinteran sih yah jadinya ngasi PR pun yang terlalu wah buat kita. Tapi sebelum gue tahu itu, gue berasa bego banget deh.

Pernah gue ngerasa yaudah sih ngapain gue segitunya belajar toh gue ga bakal ngerti. Ini untuk kuliah yang emang gue ga "klik". Jadinya gue belajar ala kadarnya. Terus begitu exam, seketika nyesel: harusnya lebih usaha belajar ya. Tapi lagi-lagi di kepala gue muncul omongan, emangnya kalau usaha lebih besar jadi jaminan bisa ngerjain exam? Kemudian pasrah lagi, males lagi, usaha sih tapi jadi zombie. Usahanya sekedar modal rasa tanggung jawab doang "duh ga enak nih kalau ga kuliah". Gitu aja terus sampai Chicago ngga berangin lagi. Kalau udah lingkaran setan gini, yang bikin gue masih bergerak cuma omongan di pojokan hati: "Ci, yang penting usahanya ikhlas dulu, walaupun usahanya minim. Karena kalau ikhlas, lama-lama usahanya akan membesar sendiri". 

Tapi gimana caranya agar bisa ikhlas? Balik lagi ke motivasi. Motivasi kuliah apa sih? Biar kondite kantor bagus? Biar kabur dari drama hidup di kantor? Biar tau apa yang emang dicari tau? Di titik ini, gue ngerasa ikhlas hanya bisa gue raih kalau motivasi gue ngga tergantung ke orang lain. Gue kuliah ngga buat pinter di depan orang-orang, ngga buat kantor, ngga buat membangun negara. Mohon maaf tapi motivasi memang gue belum sejauh itu. Gue lanjut kuliah lagi karena gue ingin tau dan ingin jadi orang yang bermanfaat. Gue kuliah lagi karena diri sendiri, dan to some extent, untuk orang tua. Orang tua bukan orang lain lah ya...

Jadi saran gue buat orang yang mau lanjut master, selain nanya ke orang lain gimana sih susahnya kehidupan S2, adalah tanya ke diri sendiri apa sih motivasi gue sekolah? Karena motivasi yang bener akan bikin usaha dengan hati, bukan cuma usaha sambil jadi zombie.

Nah dari tadi gue cerita susahnya kehidupan di sini, sebagai penutup gue akan cerita baiknya kehidupan di sini. Gue akui sih kuliah lagi bikin capek, tapi capeknya adalah capek otak dan capek badan. Bukan capek jiwa. Untuk ini aja gue udah bersyukur banget. Dan orang-orang di sekeliling gue, gue ngga bisa minta yang lebih baik lagi. Bahkan dosen yang gue ceritain di atas, yang kepinteran itu, gue bisa curhat ke ybs tentang kesulitan yang gue alami. Tau kan curhat dari hati ke hati, dimana semua kecemasan keluar? Yang abis curhat langsung jadi capek? Gue bisa melakukan itu di sini. Kalo pas gue undergrad di Indo mana bisa. Kalau bisa pun, mungkin dosennya ngga akan seempatik dosen di sini (btw ybs pas gue curhati keliatan banget concern sama well being kita-kita). Begitu pun dengan dosen-dosen yang lain yang selalu membantu. 

Kemudian teman-teman, ya ampun gue ngga abis pikir kenapa yah gue dikasi teman-teman sebaik ini. Gue pikir gue akan kesepian di sini sendirian, ngga punya temen, tapi gue udah punya temen untuk urusan apapun. Teman kuliah? Ada. Teman mengeluh urusan kuliah? Ada. Teman acara kampus? Ada. Teman keriaan? Ada juga. Teman ngerjain tugas? Tentu ada bahkan tiap tugas ada kelompok belajar masing-masing. Ada beberapa orang yang bahkan dengan mereka, gue bisa cerita apapun yang gue mau. Bahkan di sini pun, gue masih intens komunikasi dengan temen-temen gue di belahan dunia lain, walau obrolannya sereceh ngomongin dosen atau abis ketemu cowo cakep. Jadi walau technically gue tinggal di sini sendirian, tapi gue ngga pernah sendiri menjalani kehidupan kuliah.

Jadi kalau ada yang tanya, enaknya lanjut kuliah itu apa? Enaknya bukan di sisi tinggal di luar negeri. Bukan di sisi tinggal sendiri. Bukan di sisi terlihat wah di social media. Enaknya adalah kuliah jadi momen dimana gue bisa masuk ke rutinitas baru yang memang gue yang pilih, bersama dengan orang-orang yang baik. Gue inget di pertengahan quarter lalu, waktu gue diundang thanksgiving dinner, gue ditanya apa yang bikin gue bersyukur tahun ini? Seketika gue sadar, ini adalah tahun gue paling merasa bahagia mungkin sejak 2008? 2013? Iya gue capek, tapi gue bahagia. Ini bukan oxymoron kan?

Anyway, sekian rambling malam ini. Semoga ga jadi demotivasi buat yang pengen lanjut S2. Dan gue janji deh abis ini postingan blog akan lebih menyenangkan hahaha.. Bye!


-ditulis waktu lagi pusing selesai midterm dan stuck sama PR-

No comments: