Tuesday, October 26, 2010

ada apa di Jakarta semalam??

Saya orang Jakarta. Saya cinta Jakarta. Saya cukup cinta Jakarta untuk ngga buang sampah sembarangan, apalagi ke kali. Saya cukup cinta Jakarta hingga kalau naik mobil, diatur-atur biar satu rumah bisa pake satu mobil sekali jalan. Saya cukup cinta Jakarta untuk masih rela kemana-mana naik angkot.

kemacetan di Gatot Subroto (sumber: kompas.com)
Sekian pendahuluannya, sekarang saya mau cerita. Kemarin malam saya pulang naik travel dari Bandung ke Jakarta, berangkat jam 17.00. Tahu jam berapa saya sampai rumah? Jam 23.00. Perjalanan di tol Cipularang-Cikampek lancar, cukup 2 jam. Sisanya saya habiskan dengan bengong di ruas jalan dalam kota. Dan saya kesal. Kesal banget. Saya lagi sakit, saya ingin cepat-cepat sampai di rumah, tapi yang ada saya menghabiskan 3 jam untuk perjalanan yang mestinya cuma ditempuh 20 menit. Itu baru perjalanan Halim-Pancoran. Dari Pancoran ke rumah, 1 jam abis sia-sia di jalan.

Tahu sebab kemacetan itu? Karena banjir dimana-mana setelah hujan 3 jam mengguyur Jakarta. Iya betul, cukup 3 jam untuk membuat Jakarta lumpuh total...

Saya kesal, tapi mau berbuat apa? Ngga cuma saya yang kesal. Ratusan ribu, atau bahkan jutaan orang lain ikut kesal. Saya masih bersyukur rumah saya dekat dan ngga banjir. Gimana kalo rumah saya di Grogol, atau bahkan Ciledug? Saya ngga bisa bayangin kalau saya terjebak banjir di jalan, sampai rumah lewat tengah malam, hanya untuk menemukan rumah saya kebanjiran...

Dan sekarang saya berpikir, kejadian kemarin salah siapa? Salah gubernur kah? Salah Pemda kah? Salah penduduk kah? Atau salah seluruh (berdasarkan data Juli 2010) 8.525.109 jiwa penduduk Jakarta?

Coba lihat satu-satu. Saya masih sering lihat di jalan, orang-orang seenaknya buang sampah sembarangan. Orang-orang juga masi seenaknya bangun rumah pinggir kali. Nih siklusnya: bangun rumah -> entah kenapa bisa dibiarin petugas -> ngga mau dipindahin ke rusun -> kebanjiran -> kali sepi -> bangun rumah lagi. Dan tentang macet, orang-orang masi terus beli mobil baru. Kayanya ngga puas kalo harus bareng-bareng orang lain di satu mobil orang, dan tentu malas naik kendaraan umum. Iya masi banyak copet, tapi emang kejahatan cuma terjadi di kendaraan umum? Iya empet-empetan, tapi emang mau bus berapa banyak sampai tiap satu  penduduk Jakarta dapat satu tempat duduk? Yang logis aja deh. Iya ugal-ugalan, tapi masi ngga ada beda dengan kelakuan kendaraan pribadi yang juga sering melanggar peraturan. Iya keringetan, tapi untuk alasan ini saya cuma bisa bilang: dasar manja...

Coba lihat lagi kondisi Jakarta. Pengembang makin gila membangun apartemen/perumahan/cluster/mall/apapun lah namanya. Ngga bisa lihat tanah kosong, main bangun. Gampang bener izinnya. Tuh lihat di Casablanca, Kalibata, dll. Ngga ada yang benar-benar peduli untuk membangun taman atau hutan kota. Dulu tiap saya ke bandara, saya masih bisa menikmati pemandangan rawa-rawa sepanjang tol Sedyatmo. Sekarang? Dengan dalih pelebaran jalan, menghindari banjir, rawa-rawa pun dibabat. Tiap pengembang perumahan bisa deh mengklaim perumahan yang mereka bangun bebas banjir. Tapi apa mereka bisa menjamin, perumahan yang mereka bangun ngga akan menyebabkan banjir??

Dan apa yang Pak Fauzi Bowo lakukan?? Saya ngga pernah denger usahanya dalam menuntaskan masalah banjir. Mungkin beliau memang melakukan sesuatu yang tidak dipublikasikan media. Tapi bisa-bisanya beliau bilang yang terjadi semalam itu hanya genangan. Bisa-bisanya beliau hanya menyalahkan faktor cuaca. Seingat saya, Jakarta tiap tahun selalu mengalami hari dimana hujan turun dengan gila-gilaan, tapi rasanya tidak ada yang separah semalam. Terus apa yang Fauzi Bowo lakukan? Slogan beliau waktu kampanye: serahkan ke ahlinya. Dimana ahli itu waktu dibutuhkan?

sang ahli.. yea rite...
Intinya, menurut saya akar masalah di Jakarta adalah orang-orang sakit jiwa. Sakit jiwa karena cuma mau enak tinggal di Jakarta, tanpa peduli kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga. Usir ajalah orang-orang kaya begini... Selama orang-orang masi sakit jiwa, Jakarta ya masi gini-gini aja. Sedih rasanya...

2 comments:

iraa said...

gw rasa yaa ci.. semua pusat2 numplek di jakarta.. harusnya dipisahin..
misalnya pusat pemerintahan di garut
pusat industri bisnis kreatif (film, musik, sastra, seni dsb) di bandung
pusat industri bisnis teknologi (head officenya) di samarinda
pusat industri bisnis (head office2nya) selain itu di bengkulu
pusat hiburan macam las vegasnya di jakarta baruuu deh tuh yaa di jakarta..

nah kalo udah gitu. gw yakin ci.. yakinnnnnnn banget kalo jakarta ga akan semacet sekarang..

ini masalahnya semua orang kagak ada yg mau ngalah. semua maunya di jakarta.. kayak bom waktu.. bentar lagi jakarta meledug cii.. ngerii gw..

Cici said...

iyaa raaa, ini gue juga setuju banget!! kalo ada gerakan sejuta facebookers pindahin ibukota, gue ikutan deh xD

tapi sebelum itu, menurut gue kelakuan penduduk,termasuk bapak/ibu pemda, juga mesti benerjuga.. pokoknya tiap orang berbuat lah sesuai tanggung jawab masing-masing.

duh klo orang2 udah pada bener, trus Jakarta udah ngga jadi pusat segala macem, enak kali yaa tinggal di Jakarta :)