Sunday, October 3, 2010

Sidang Sarjana

Gue udah jadi sarjana kawan! Gue udah punya gelar ST di belakang nama gue! Gue udah ngga ada kerjaan lagi , yeahhh!!! Eh bentar, tapi itu berarti gue udah jadi pengangguran sekarang... Yea whatever, yang penting gue udah lulus!!

BTW ini ceritanya panjang loh. Kalo bosen di tengah jalan ya udah lah yaa, gue maklum...

Hari Jumat 3 September 2010 kemarin (tolong diingat ya, ini tanggal bersejarah! yah paling ngga buat gue...), gue melakukan langkah terakhir dalam kehidupan mahasiswa gue. Gue sidang mempertanggungjawabkan isi TA gue di hadapan dosen pembimbing, yaitu pak AM, dan dosen penguji, yaitu pak SPY dan pak AC (masih inget pak AC di post ini?). Jam berapa gue sidang tebak? Jam 8 pagi doong.. Padahal kebiasaan gue waktu itu baru tidur jam 6 pagi, bangun jam 12 siang (gue jadi puasa setengah hari, how slick is that?).

Nah sebelum cerita ini berlanjut, lebih baik gue cerita tentang kondisi kesehatan gue di beberapa hari menjelang sidang. Akibat salah makan, gue menderita diare. Ulangi, diare. Dan diare ini lebih parah yang pernah gue derita: bener-bener buang air berkali-kali tiap hari dan bener-bener cuma air yang dibuang. Badan lemes, perut ngga enak. Jadinya H-3 sidang gue ke klinik, dapet obat, dan diare itu masih berlanjut sampai hari gue sidang (dan jadinya gue ngga puasa juga pas sidang). Harap diingat tentang diare ini, karena penyakit ini memainkan peran cukup penting waktu gue sidang.

Selain diare, gue mengalami cobaan lain sebelum sidang yaitu, eng ing eng... kabel laptop putus. Ulangi, kabel laptop putus. Padahal tuh kabel baru gue benerin. Gue mau sidang pake apa coba? Jadilah H-1 gue ketemu ade gue di kampus untuk minjem laptop:
gue: ren, pinjem laptop dong buat sidang besok jam 8 pagi
ade: yaudah
gue: besok bawa ke kampus jam 7 ya
ade: males ah, baru kuliah jam 9. ke plesiran aja deh
gue: (BT) ya ampun, sidang mulai jam 8 gitu, masa iya pake ke plesiran dulu pagi-pagi?
ade: emang kenapa kalo sidang??
gue: ... (makin BT dan memutuskan WO)


Oh well, namanya juga bocah 2009, mana ngerti urgensi sidang (huh, liat 3 taun lagi!). Akhirnya gue minjem laptop Luthfia. Bahkan doi rela bawa laptop jam 7 pagi ke kampus dan nonton gue sidang... Terima kasih Luthfia!

Jadi di hari-H, gue sukses bangun jam 5.30 pagi. Gue mandi, diare dengan harapan ngga akan kambuh pas gue sidang, dandan rapi, sarapan bentar, dan cabut ngampus. Jam 7.15 gue udah sampai, ngeprint printilan, mondar-mandir panik, pasang laptop di ruang seminar, dan berdiri tegang nunggu penguji. Jam 8.10, semua penguji udah dateng dan sidang pun dimulai.

Sidang dimulai dengan sesi presentasi selama 20 menit. Nah, di bagian ini gue cukup puas sama diri gue sendiri. Gue bisa presentasi dengan lancar, slide gue juga lumayan hightech (maksudnya sok indah dan dengan berbagai animasi murahan), dan gue ngomong dengan cukup tenang. Sesi presentasi lewat, tibalah di sesi tanya jawab selama kurang lebih 1 jam. Dan disini, gue ngerasa berantakan...

Ngga sepenuhnya berantakan sih, gue awalnya menjawab dengan cukup tenang dan lancar. Tapi makin lama, ya makin berantakan. Tiba-tiba pak SPY nanya sesuatu tentang keuangan dong... Gue ada bayangan sih, tapi gue lagi ngga mau sotoy di momen krusial seperti ini (huek). Setelah nulis-nulis bentar di papan tulis, mikir sana-sini, gue pun menggeleng manis dan tersenyum mengeluarkan jurus terakhir "maaf Pak, saya ngga tau".

Beres tanya jawab dengan pak SPY, tibalah giliran dengan pak AC. Dan ternyata saudara-saudara, beliau sangat baik saat bertanya. Luar biasa baiknya. Sama sekali tidak seperti waktu gue presentasi KP. Tapi tetep dong, ada statement epik dari beliau:
Pak AC: biaya itu sebenarnya apa sih?
Gue: penjumlahan dari seluruh entitas...
Pak AC: tulis, tulis..
Gue: (bengong, masa iya nulis definisi di papan tulis) mmh, jadi biaya itu...
Pak AC: tulis aja, ini sekolah engineer ya!
Gue: (ding!! maksudnya tulis rumusnya toh...)
Jadilah gue nulis rumus di papan tulis sambil mati-matian nahan ketawa. Lah ko ketawa? Karena komentar "ini sekolah engineer ya!" mengingatkan gue sama komentar beliau waktu gue presentasi KP: "saya jadi kaya baca Quran". Thank you Sir, for reminding me to use mathematical equation in such a cool way...

Oke, dosen-dosen penguji telah selesai bertanya. Sekarang giliran dosen pembimbing saya yang nanya:
Pak AM: jadi kalau ada pesanan...
Perut gue: grrrkk grrrkkkk (crap! perut gue tau-tau mules!!)
Pak AM: ...kapasitas berupa apa?
Gue: (mati, gue ngga nangkep tadi) bisa diulang Pak?
Pak AM: jadi pesanan datang...
Perut gue: ... (udah ngga berbunyi, tapi makin mules)
Pak AM: ... PGE setuju untuk memproduksi...
Perut gue: (masi mules)
Pak AM: jadi kapasitas adalah?
Gue: (berusaha nangkap pertanyaan) hmmm, ngngng,unit produksi? (nyebut yang ada di kepala)
Pak AM: bukan itu (kembali menjelaskan)
Gue: (bengong, campuran mikir dan nahan mules)
Setelah gue menjawab beberapa kali dan salah semua, sampai pak AC turun tangan buat membantu, baru 5 menit kemudian gue menyebutkan jawaban yang benar. Thank you dear stomach, colon, and my entire digestive system, for picking the right time to act....

Selain itu, pak AM juga menyebutkan kekurangan-kekurangan saya: grogi dan jawaban kebalik-balik. Huhu, maafkan anak bimbinganmu ini Pak...

Jadi setelah 90 menit lancar-grogi-diare-panik, sidang pun beres. Gue pun keluar, langsung menuju WC untuk menyelesaikan hajat yang tertunda. Satu setengah jam kemudian, gue dipanggil untuk pembacaan nilai. Butuh waktu satu setengah jam karena temen gue sidang dengan dosen penguji yang sama kaya gue, jadi nilai kami (gue dan temen gue, bukan gue dan dosen penguji :P) dibacakan sekaligus.

Berikut ini kata-kata Pak AM saat pembacaan nilai:
berita acara kelulusan nama **Cici** (nama asli gue sensor), NIM ******* (gue sensor juga), dengan judul tugas akhir blablabla (kalo ini beneran pak AM yang bilang blablabla), dinyatakan lulus dengan nilai tugas akhir A, nilai presentasi AB, dan nilai akhir A.

ALHAMDULILLAH!!! Ulangi, ALHAMDULILLAH!!! Gue kira gue bakal dapet B karena presentasi kacau begitu.. Tapi ternyata dosen-dosen penguji gue baik sekali. Terima kasih Pak!!

Beres sidang, gue pun foto-foto sama dosen, temen-temen, dan foto sendiri dong tentunya:

muka lega abis sidang (photo credit: Stella)

Aaah, waktu itu lega banget rasanya udah beres sidang, walaupun sejam kemudian gue udah ngerasa biasa-biasa aja sih, hehe.. Terima kasih banyak untuk pihak-pihak yang telah membantu gue, dari mulai penulisan TA sampai dengan selesai sidang. Heart you all!!



BTW, diare gue apa kabar? Tadinya gue kira gue diare karena stres, tapi ternyata sampai 3 hari setelah sidang pun gue masi diare. Eww...

1 comment:

Anonymous said...

Selamat ya sahabat, akhirnya ST juga haiahhaha :-)