Friday, May 28, 2010

Jagalah Kesehatan Anda

Sakit tuh ngga enak, sumpah. Apalagi kalo sakitnya nyusahin macem diare. Nyusahin karena gue harus bolak-balik ke WC, ngga peduli badan gue lemes atau ngga. Nyusahin karena gue harus bolak-balik minum, dan berasa percuma minum karena gue langsung ke WC buat ngeluarin. Euuh...

Jadi ceritanya minggu lalu gue sakit. Beneran SAKIT, ngga cuma pilek, pusing/maag/alergi/penyakit-penyakit kambuhan gue yang lain (oh oke gue akui gue emang penyakitan). Tepatnya dari hari Senin, gue diare. Diarenya ngga gitu parah sih, paling ngga (sorisorisori, tidak bermaksud jorok ko) si feses masi ngga cair, dan gue juga ngga lemes. Walau gue sempet muntah-muntah, tapi yaa gue masi bisa beraktivitas lah.

Hari Rabu abis ujian, diare kembali lagi. Kali ini lebih parah, fesesnya bener-bener cair (euuwww...). Panik lah gue. Gue tenggak air minum banyak-banyak, tapi seperti yang gue sebutkan di atas, tiap abis minum gue pasti selalu diare lagi. Badan lemes, muka pucet, ngga bisa makan banyak. Kondisi gue naas banget deh.

Hari Kamis pagi, baru buka mata dari tidur, gue langsung ke WC. Badan tambah ngga enak, kepala pusing, dan perut gue mules ngga jelas. Saking stresnya, gue sampai nangis-nangis dooong nelpon nyokap. Siang itu juga gue langsung ke klinik, dan tau apa? Gue disodorin segelas penuh ORALIT. Gue pun dikasi obat maag dan segepok oralit. Dan sore itu juga, nyokap gue ke Bandung. Akhirnya ada yang merawat gue disini (maklum gue kan anak kosan). Dan besoknya, si Oralit menunjukkan keampuhannya. Gue berhenti diare saudara-saudara! All hail Oralit!!

Bentar, kenapa ko gue dikasih obat maag? Karena ternyata diare gue itu muncul karena MAAG. Yap maag, penyakit kronis yang gue idap ini emang biang kerok. Tapi ko maag kali ini efeknya sampai segitunya sih? Setelah gue menganalisis apa yang gue makan dan pola makan gue sebelum hari Senin, penyebab gue sakt adalah:
"pola makan ngga teratur selama 3 hari: sarapan jam 10, makan siang jam 3, makan malam jam 10, ditunjang dengan makan makanan basi di hari Minggu"

Nah, sekali ini gue ngaku kalo gue BEGO. BEGO BANGET, malah. Gue udah tau punya maag, badan juga rentan penyakit, tapi bisa-bisanya gue bertingkah kaya gitu Ngga tau diri!

Tapi ngga apa. Gue berasa dapet tamparan keras (lebay ya, tapi beneran lo) buat mengingatkan kalo gue harus menjaga kesehatan gue sendiri. Jangan pernah main-main sama tubuh lo. Waktu sehat, bisa deh seenaknya. Tapi waktu sakit, gue bisa apa? Tidur aja ngga enak, apalagi ngerjain TA atau belajar buat ujian? Semua urusan jadi terbengkalai. Nyokap gue repot datang ke Bandung, gue juga repot harus ke klinik. Sakit cuma bikin repot.

Jadi teman-teman, jagalah kesehatanmu, sayangilah tubuh anda... Oh gimana cara sayangnya? Gampang. Kenalin aja tubuh kalian sendiri. Cuma lo yang tau (dan Allah tentunya) apa yang terbaik buat tubuh kalian. Jadi tetapkan aja apa yang harus kalian lakuin untuk menjaga kesehatan sendiri. Contoh: sekarang gue ngga mau sarapan lebih dari jam 8, makan siang lebih dari jam 2, dan makan malam lebih dari jam 9. Gampang kan?
 
Once again, take really good care of your health, since it's one of the most precious assets in life...


No comments: