Thursday, February 4, 2010

LSP

Kalo dirunut balik ke belakang, tujuan gue untuk jadi asisten LSP ada dua. Pertama karena gue suka ilmunya. Kedua gue berharap dapat komunitas yang sesuai sama gue, dan gue bisa ngerasa nyaman di komunitas itu. Dan voila, gue pun diterima jadi asisten. Tapi jujur, pada saat awal-awal, gue belum punya feel apa-apa. Gue cuma ngerasa “oke, sekarang gue asisten lab, jadi sekarang kerjaan gue adalah?”. Tapi tengok kanan-kiri, kerjaan udah pada diambil. Yaudah, gue ikut-ikut aja deh (sebenernya gue oon juga sih, nyari kerjaan tapi ga inisiatif minta, hehe..)


Itu baru tentang gue pribadi. Kalo gue ngeliat asisten angkatan gue sebagai tim, yahh masih parah lah. Kurang koordinasi, banyak miskomunikasi, dan lain-lain silakan isi sendiri. Jangan-jangan jadi begitu karena tiap orang ngerasa kaya gue lagi? Haha, ngga tau deh, yang jelas di masa ini gue ngerasa kegiatan di LSP gitu-gitu aja, dan komunitas yang gue harapkan pun terbatas di orang-orang yang udah deket sama gue sebelumnya.


Itu yang gue rasain di semester 6. Gue mulai ngerasa beda begitu masuk semester 7. Karena emang banyak kerjaan kali yaa, ngga segitu luntang-lantung kaya semester 6. Dan kerjaan yang banyak itu mengharuskan gue untuk kerja sama orang-orang yang bahkan gue ngga deket sebelumnya, termasuk orang-orang dimana pengetahuan gue tentang mereka cuma “namanya X, kelas Y”.


Emang beda kaya gimana yang gue rasain? Bentar gue cek dulu.. Hmm, pertama gue ngerasa “ah ini dia kerjaan-kerjaan yang harus dilakuin!”. Gue ngerasa jelas tentang apa aja yang harus dikerjain, dan gue punya tanggung jawab yang jelas dan spesifik. Jarkom dibenerin, aturan baru dibikin. Nah, kalo jelas gini kan gue seneng, hehe..


Dan berdatangan lah semua kerjaan itu satu-persatu. Mulai dari modul 1: floor materi, running modul, praktikum. APCOMS, 5 days of excitement at Jogja. Modul 6: floor materi, running modul (dimana gue sempet kesel banget disini, hehe), praktikum. Ngawas ujian. Meriksa ujian. Modul 7: berkali-kali rapat, bikin modul, ngatur ini itu, running modul, praktikum. AUN/SEED, dimana gue ngga berbuat terlalu banyak (cuma ngeMC, itu pun pak Anas ngambil alih di akhir, LOL). Rekrutmen, rapat cuma sebentar tau-tau konsep stage 2 beres, haha kilat khusus..


Itu kerjaan yang resmi. Belum termasuk buru-buru ke kampus tiap Jumat pagi jam 7 demi F4 (btw F4 jadinya happy ending atau ga sih?). Atau ngomel dan debat ini itu tentang materi modul. Atau datengin pak Anas, bilang “pak, bagi topik TA dooong” (ngomongnya ngga gitu juga sih, tapi intinya itu) dan ngobrol macam-macam sama beliau. Atau makan malam, foto-foto, dan karaoke bareng. Atau sekedar duduk berjam-jam di lab, bahkan nginep, buat ngerjain tugas. Atau kumpul buat ngeberesin masalah yang di lab (yang kalo diinget ada adegan yang berasa sinetron, LMAO). Atau bahkan, cuma saling ngejek dan membajak fesbuk. Atau, hmm, lupa gue...


Kadang gue heran, bisa-bisanya gue tahan sama kerjaan-kerjaan LSP di tengah jaman PLO, KPE, dll begini. Tapi sekarang gue tau kenapa. Gue ngga menganggap semua kerjaan itu beban. Dari awal, gue udah mikir “oi ci, itu tanggung jawab lo!”. Bahkan makin kesini, gue ngerasa kerjaan-kerjaan itu sebagai pelarian dari pusing kuliah gue. “Gue bosen PLOan nih, ah gue periksa referensi modul 7 deh udah bener atau belum”. Semacam itu lah…


Dan setelah berbagai kerjaan tersebut, ngga mungkin doong gue masih mikir “namanya X, kelas Y” ke orang-orang yang sebelumnya ngga gue kenal. Gue udah kenal mereka lebih dekat. Ngga mungkin juga gue ngerasa kegiatan di lab gitu-gitu aja, dan gue masih ngga punya feel apapun. Gue udah ngerasa “sip, gue udah ngerasa nyaman sama yang udah ada sekarang”


Overall, gue dapet banyak pelajaran. Baik tentang akademik, hubungan antar manusia, atau hal remeh seperti jangan ninggalin fesbuk dalam keadaan belum ter-signout. Yah, setolol-tololnya manusia dalam menarik pelajaran, minimal gue nambah pengalaman kepanitiaan deh.


Terakhir, gue mau minta maaf buat salah yang udah gue buat, baik sengaja ataupun ngga. Terutama buat orang-orang yang pernah gue jutekin, marahin, galakin. Kalo pun disengaja, itu juga ngga niat-niat amat ko, hehe…


Oh iya, kurang kesimpulan ya? Gue coba deh menjawab tujuan gue jadi asisten LSP. Pertama gue dapet ilmu. Tuh TA gue, bener-bener ilmu baru buat gue. Plus refresh ingatan tentang prosman, PPC, line balancing. Kedua, iya gue dapet komunitas yang menyenangkan. Menyenangkan buat main, menyenangkan buat bagi-bagi ilmu, dan menyenangkan sebagai teman. Ada nih kesimpulan ketiga, ngga ada di tujuan sih tapi boleh kan yaa gue tambahin. Gue bersyukur untuk kesempatan gue jadi asisten LSP, bener-bener bersyukur.


Cheers, and love u LSPers 2006 blogger-emoticon.blogspot.com


7 comments:

Unknown said...

“namanya X, kelas Y”.. gw banget, Haha dasar ya :)

Tapi bener lo, banyak pengalaman hebat sejak gabung di LSP, bahkan lebih dari yang gw harepin sebelumnya.

Berharap mulai mengenal banyak orang ehh malah dikenal banyak orang (hoeek hehe)

Berharap mulai belajar berorganisasi yang bener, eh malah dapat kesempatan jadi bos nya. Yaah, walaupun belum bisa jadi bos yang baik trus malah bikin 'Sinetron'tragedi di LSP. haha. Tapi gw bersyukur banget dapet pengalaman dan kesempatan itu.

Berharap hanya tau isi ruang asisten itu apa aja (hiperbola juga se), malah mulai mengenal banyak tempat 'eksotis' di bandung!! Hayo, sebut tempat, udah pernah semua gw : Sarwang,Bonjol,Madtari, Javan, Kiosk,PVJ!!, dll haha

Dan yang utama:

Berharap dapet temen-temen akademis doank, ehhh malah dapat yang JAUH LEBIH BERHARGA dari itu. Punya temen2 yang hebat2, yang bikin gw bisa bertumbuh dan jadi pribadi yang lebih baik, Ya setidaknya saya merasa seperti itu.Thank you Guys :)

INTINYA, CI. Setuju berat dengan kesimpulanmu.

"Gue bersyukur untuk kesempatan gue jadi asisten LSP, bener-bener bersyukur"

PS : F4 berakhir dengan HAPPY ENDING. Trust me ^^

JSP Panjaitan

Cici said...

"Berharap mulai mengenal banyak orang ehh malah dikenal banyak orang" frase apa ini.. -.-

tenang boi, sinetron bukan lo ko, walau lo ada andil juga sih :))

at least lo dapet spot2 asik di bdg ye? hehe..

RISZHA GANDJAR said...

Nah ya, ada yang pacaran di sini. CKCKCK

Cici said...

.....
wiwis ngegosip aje -.-
gue jadi enak diomongin :P

metha said...

cintaku bersemi lab yaa..jieee

pratiwi karim said...

wkwkw...
Ci... Kamu sudah bercerai yah?
pantesan suamimu mengejar2ku
kumohon rujuklah kembali
aku tak sanggup mengurus suamimu

Cici said...

ngurusnya gampang tiw!
tiap pagi kasi sarapan telor ayam kampung, siang menu lengkap, sore ngemil STMJ, malam taburin aja beras ketan
jgn lupa mandiin pake air kembang 7 rupa
dgn perawatan benar, niscaya rumah tangga anda kembali mesra!
=))