Sunday, October 11, 2009

Oh oh Otomasi...

Hari Jumat sore kemarin gue praktikum otomasi. Praktikumnya berkelompok, jadi satu kelompok 6 orang. Kegiatannya sih terdiri dari 2 sesi, tiap sesi bikin rangkaian sesuai dengan modul. Sesi pertama sih lancar, kelompok gue bisa bikin rangkaian, lampunya nyala, semua bahagia. Tapi sesi kedua itu loh…


Untuk sekedar gambaran, dan sekedar berbagi beban kuliah gue (hoek), ini rangkaian yang mestinya dibuat di sesi dua:

Tujuan merangkainya sih biar LEDnya nyala waktu rangkaian dihubungkan ke power supply. Si U1, U2, U3 itu sebenernya IC alias Integrated Circuit, yang bentuknya kecil imut-imut itu.. Yah kurang lebih sepanjang kuku kelingking gue lah. Bayangin dong kalo harus ngerangkai kaki-kakinya sama LED, switch, dan 4 resistor, dengan ukuran komponen yang sama kecilnya..


Yaudah kelompok gue coba-coba merangkai deh,walau ngga ngerti-ngerti amat. Debat sana, debat sini, rebut sana, rebut sini, akhirnya si rangkaian beres juga di menit-menit terakhir. Temen gue yang namanya Aris pun nunjukin hasilnya ke asisten.

Asisten (A) : wah salah nih, mestinya gini, gini, gini…

Aris (Ar): yaudah dibenerin aja deh

A: ya silakan aja kalo dalam 2 menit bisa benerin..


Langsung dong si Aris terbakar semangatnya. Dengan penuh tekad dia bongkar tuh rangkaian, colok kabel sana-sini, sampai akhirnya jadi. Muka si Aris seneng dong yaa bisa beres dalam waktu singkat gitu, gue dan temen-temen sekelompok ikutan bangga: “Wah hebat, dahsyat ni anak!“. Si rangkaian dibawa deh ke asisten 2 buat dihubungin ke power supply.


Ar : (dengan semangat mengacungkan rangkaian) nih ka, mau nguji rangkaian!

Asisten 2 (A2): mana yang power, mana yang ground?

Ar: (masih penuh semangat, menunjuk kabel) ini yang power, ini yang ground

A2: (mencolok kabel)

Rangkaian: diam, tak bereaksi apa pun

Gue, Ar, dan anggota kelompok lain: mencari-cari dimana nyala lampu


Beberapa detik kemudian,

A2: INI SIH NGGA ADA LAMPUNYA!!


Geblekkk, ternyata si LED belum dirangkai!! Ga masuk akal, ko bisa yang penting malah ketinggalan? Sekelompok ngga ada yang inget lagi! Huahahaha, kocak tapi malu juga sih…


Kelompok gue pun kembali ke meja, dan menemukan si LED yang kecil imut-imut itu nyelip di bawah tumpukan kertas.

Gue: ris ayo rangkai lagi lampunya!

Ar: (semangatnya telah hilang) gue ga tau gimana rangkainya…

A1 yang tiba-tiba lewat: ya waktu praktikumnya udah habis


Jadilah kelompok gue gagal merangkai. Dan perasaan bangga gue ke Aris pun berubah menjadi “kasihan banget lo Ris..”, hihihi…


PELAJARAN:

Hati-hati merangkai IC, kalau tak ingin menanggung penyesalan di akhir…

No comments: