Monday, June 15, 2009

Tetangga Oh Tetangga

Beberapa hari ini, berita tentang Malaysia lagi rame banget, hampir ngalahin berita tentang Pemilu.

Mulai dari berita tentang Manohara, yang ngga abis-abis sensasinya, heran...

ke blok Ambalat, gila yaa itu kapal perang Malaysia nyari ribut banget si.

sampai ke masalah TKI yang disiksa abis-abisan, atau si Siti Hajar. Sedih gue liat dia nangis di TV.

Masalah TKI, hal ini bisa terjadi di mana aja, ngga cuma di Singapura. Begitu juga masalah KDRT si Manohara. Kebetulan aja dia nikah sama pangeran Malaysia yang agak aneh, dan dia kena KDRT, dan akhirnya jadi booming deh. Tanpa mengurangi rasa prihatin gue ke Siti Hajar, gue masih bisa bilang: yang bertindak kaya gitu bukan Malaysia, tapi cuma sedikit rakyatnya.

Tapi begitu masalah Ambalat terjadi, gue mulai mikirin ulang perkataan itu. Emang kapal perang bisa jalan sendiri? Pasti ada angkatan laut, dan mereka-mereka ini ada di bawah satu pimpinan. Berarti ini hasil suruhan petinggi-petinggi Malaysia dong? Mungkin aja...

Wah, kalau bener kaya gitu, nyari ribut beneran mereka. Udah kasus pencurian budaya (beberapa orang bilang budaya milik semua, coba ada yang mengklaim karya ciptaan lo, masi bisa ngomong gitu ga??), dulu lagi Sipadan Ligitan (yang sedihnya mereka jadiin Sipadan nominasi 7 keajaiban dunia), sekarang ini lagi. Masalah minyak, minyak, dan minyak. Kaya kurang masalah lain yang bisa bikin Indonesia-Malaysia perang.

Gue ngga tau siapa yang emang punya hak di Ambalat, atau siapa yang punya peta wilayah yang bener (nanti gue cari di inet deh). Tapi berhubung gue terdaftar sebagai warga negara Indonesia, jadi yaa gue belain negeri gue lah. Bingung juga tapi yaa belainnya gimana, hehe.. Ikutan demo di jalan? Ih gue bukan tipe kaya gitu. Mogok make produk Malaysia? Emang hasil produk mereka apa? Hmm dan gue masi bingung apa kontribusi gue. Ada ide?

BTW, mestinya sebagai tetangga nih yaa, Indonesia-Malaysia bisa hidup dalam damai. Yaudah lah kebudayaan masing-masing ya dipegang masing-masing, mau ini kebudayaan udah jadi miliknya, kalau emang akarnya dari luar yaa jangan diakuin dong. Dan kalo ada masalah, ya jangan tambahin masalah. Tuh Ambalat dari dulu kan emang bermasalah, Malaysia jangan utak-atik dulu lah. Udah tau orang Indonesia sensitif kalo masalah menuju perang kaya gini.

Dan please, please, please, hukum dong itu orang-orang yg suka nyiksa!! Emang di kontrak TKI ngga ada yang bahas tentang TKI ga boleh disiksa ya? Atau harus digaji tepat waktu, ga boleh ditahan? Kalo emang ngga ada, keterlaluan banget. Dan pemerintah, khususnya KBRI, mestinya lebih cepat tanggap, apapun caranya, buat mastiin ngga ada warga Indonesia yang diperlakukan kaya binatang dimanapun dia berada. Yah, gue rasa masih ada yang salah sama birokrasi, makanya pengawasan kaya gini susah...

Anyway, gue ulang lagi ah kalimat gue, sebagai tetangga, yang notabene masi satu rumpun (tapi gue bangga bahasa Melayu disini ngga norak kaya di Malaysia, hey no offense, ini kan pandangan pribadi gue sbg orang Melayu =P), mestinya kita bisa saling belajar. Belajar buat saling menghargai, dan saling mendukung. Hahh, emang utopis sih, tapi yaa paling ngga jangan sampai ada perang deh. Ujung-ujungnya yang kena pasti rakyat...

No comments: