Thursday, May 7, 2009

Minta Tolong Kira-kira Dong!!

Kemarin siang gue ketemu temen gue. Setelah berhalo-halo, dia nanya ke gue "lo dapet pemodelan sistem ngga ci?"

Gue jawab dapet, dan dia bilang ada yang minta tolong buat tugasnya, anak TI Undip. Dan tau ngga siapa itu? Kakak dari ceweknya dia. Dan gue ngga kenal sama sekali, bahkan seinget gue sama ceweknya aja gue ngga pernah ngobrol.

Yaudah gue bilang, email aja tugasnya ke gue. di bayangan gue adalah, si anak TI ini udah bikin tugasnya. Mungkin dia minta tolong ke gue buat nambah referensi, atau koreksi apa kek gitu.

Malemnya, temen gue email tugas, bentuknya PDF. Dan ternyata, yang dikirim ke gue CUMA soal.

Gue SMS temen gue ini "ini tugasnya disuruh ngapain?"

Tau ngga kata temen gue??
"identifikasi masalah, identifikasi sistem relevan, pengembangan model matematis"

Gue pun bingung. Haloooo, ini maksudnya gue bikinin tugasnya dia??? Bikinin tugas yang ornagnya pun gue ngga kenal sama sekali?? Mending kalo orangnya gue kenal, gue mau kalo bantuin dari nol. Tapi semuanya gue bikinin??? Minta tolong ada batasnya kaliii!!

Gue bilang kalo gue ngga ngerti model matematisnya, karena gue ngga ngerti inventori dan logistik. Gue juga bilang kalo bikin identifikasi masalah dan sistem pasti dia bisa bikin lah yaa.

Tau ga temen gue bilang apa lagi??
"nah 2 itu dulu juga gpp, mungkin abis lo liat soalnya lo bisa langsung buat modelnya"

HAAAHHHH...???? Tuh anak TI gila apa yaa, masa identifikasi masalah aja ngga bisa? Gue aja yang sekali baca soalnya langsung tau masalahnya apa. Dan apa coba, identifikasi sistem relevan juga ngga bisa? Dih, males banget gue bikinin. Emang gue konsultan, bikin semua dari nol? Dibayar juga kagak! Dikira gue ngga banyak tugas apa??Justify Full
Akhirnya gue pun bikin guideline, jadi isinya urutan pengerjaan tugas. Mulai dari four elementa of problem, narrow system interest, lalala... Dan gue beberapa ada yang gue kasi keterangan kaya gini :
"bikin rich picture pasti bisa, kan ngga ada aturannya"
"ati-ati bikin influence diagram, krn akan ngaruh ke pembuatan model matematis"
"gue ngga tau model matematisnya gimana, pokoknya kalo di atasnya bener modelnya pasti bener"
dan utamanya adalah...
"gue ngga sempet mikir, lagi banyak tugas"

HUH!! Bodo amat deh tu anak berasa dinyolotin atau ngga. Lain kali kira-kira dong kalo minta tolong!

No comments: