Tuesday, December 23, 2008

Anabi Salam Alaika

Ini bukan post tentang agama atau sebangsanya. Melainkan tentang mata kuliah 3 SKS berjudul Estimasi dan Analisis Biaya, atau bisa disebut dengan Anabi.

Kenapa gue bikin tulisan khusus tentang kuliah ini, karena kuliah ini (menurut gue) adalah kuliah paling ghoib di semester 5.

Awal kuliah, kesan pertama begitu menggoda. Dosennya enak banget loh. Dia sering berbagi pengalaman dan cerita tentang dunia finance gitu. Wajah sang dosen juga sangat cerah, enak deh buat dilihat *harap jangan salah sangka yaa, ngga ada suka-sukaan di tulisan ini =D*. Intinya, gue sama temen-temen jadi kagum sama beliau.

Masih awalnya, tiap hari Rabu yang 2 jam, gue kuliah di ruang labtek FTI. Sedangkan kelas gue diisi sama 2006, 2005, 2004, dan belasan anak jurusan lain. 2005 dan 2006 emang mesti ngambil kuliah ini gara-gara pergantian kurikulum, kalo 2004 gue ngga tau kenapa sekarang, dan anak jurusan lain itu gue bingung, kok bisa ya pikirannya mutusin ngambil kuliah di TI? Jadi sekarang, kombinasikan ruangan labtek yang imut-imut itu dengan 80an mahasiswa. Sangat ngga memadai bukan? Gue inget banyak yang berdiri di belakang kelas di beberapa minggu pertama kuliah. Sampai dosen gue memutuskan buat pindah kelas, jadi ke TVST. Nah, dari minggu inilah, keghoiban dimulai.

Pertama, karena dosen gue jadi sering ngga masuk. Iya sih kadang digantiin asisten, tapi beneran kadang-kadang, alias jarang juga. Mungkin dosen gue emang orang sibuk kali yaa. Tapi tetep aja gue iri sama kelas lain yang kuliahnya udah kemana-mana, sedangkan gue stagnan di tempat.

Kedua, mestinya dengan pindah ruangan ke TVST, semua mahasiswa masuk kelas dong. Tapi kenyataan berkata lain. Makin minggu berjalan, kelas gue makin kosong, baru rame lagi pas UTS. Sampai heran sendiri gue, ini pada ngga takut abesnnya bolong apa ya...

Ketiga, karena kuliah ini ngga jelas make textbook apa. Gue sampai punya 2 buku, dan 1 fotokopian 4 bab. Dan pas UTS dan UAS yang open book, gue bawa aja semua kecuali satu textbook berat yang ngga jelas isinya apa *gue menyia-nyiakan Rp90000, untung buku fotokopian bukan yang asli =(*.

Nah, saat UTS inilah yang paling ghoib. Dari beberapa materi yang pernah diajarin, yang keluar cuma satu soal. Dan soal ujiannya sendiri berbentuk guntingan fotokopian soal di buku. Isinya cuma data keuangan dan perintah buat income statement dan balance sheet dari data yang dikasih. Wow, selama ini buat apa dong belajar FIFO LIFO, Job Costing, dkk? Yaudah gue kerjain aja tuh soal. Dan sialnya, di balance sheet, assets dan liabilities gue cuma beda $200. Udah gue ubek-ubek semua angka, gue tetep mentok di beda $200. Sappiiiiii!!

Setelah UTS, tau ngga apa? Dosen gue bilang buat perbaikan nilai, kerjain lagi soal ujiannya dan kumpulin lagi minggu depan. Jadi nilai UTS akhir didapat dari 50% nilai UTS sebebnarnya dan 50% nilai perbaikan. Laah, ngapain UTS kalo gitu?? Langsung gue kontak temen gue si anak STAN, gue kirim soalnya via imel, dan gue salin jawaban yang dia kasih.

Maksud gue dari UTS ini adalah, bapaknya sendiri pernah bilang kalo ngga penting kita bisa bikin neraca keuangan atau ngga, itu urusannya akuntan. Yang penting adalah analisis semua informasi yang didapat dari neraca. Tapiii ternyata, soal UTS yang keluar malah tentang bikin neraca, dan cuma itu, ngga ada soal yang lain. Ampun deh Pak!

Abis UTS, dosen gue makin jarang masuk. Beneran deh kelas Anabi gue terlantar. Pernah beberapa minggu dong dosen gue ngga masuk terus. Asisten juga ngga ada yang gantiin. Duh, sedihnya.. Sampai akhirnya menjelang UAS, gue dan temen-temen gue bingung. Sebenernya materi yang akan keluar apa sih? Soalnya dikit banget yang udah diajar. Untung dosennya masuk di kelas terakhir. Tapi beliau juga cuma ngejelasin sedikit materi, itu juga ngga detail.

Akhirnya, tibalah UAS. Yang keluar 2 soal. Satu soal tentang perusahaan yang jual pie, juice, dan kotak strawberry. Soal dua tentang grafik ongkos pemeriksaan kesehatan. Dan gue ngga ada yang bisa. gue ulangi, ngga ada di antara 2 soal itu yang beneran bisa gue kerjain dengan keyakinan jawaban gue itu bener. Semua gue kerjain dengan cara ala gue, yang dimirip-miripin sama cara di buku. Soal ujiannya parah banget deh. Gue (dan beberapa temen gue) ngerasa ujian yang dikasi sang dosen ngga sebanding sama kuliah selama ini. Selama kuliah, contoh soal yang dikasi cuma yang dari slide, itu juga sambil lalu. Ngga pernah ada yang mengkombinasikan berbagai tipe soal kaya yang keluar di UAS.

Yah, gue ngga tau deh gimana nasib nilai gue nanti. Lulus aja gue udah Alhamdulillah, beneran deh. Semoga nanti ngga ada lagi deh kuliah gue yang materinya ghoib kaya kuliah ini...

No comments: