Friday, June 27, 2008

SPSPSPSP.... part I

SP, terutama SP 40, udah gw anggap keluarga sendiri. Banyak banget hal yang udah gw alami di keluarga ini. Gw mau cerita pengalaman gw di SP secara kronologis, mulai dari masuk sampai sekarang. Berhubung kepanjangan kalau semuanya dalam 1 post, jadi gw cerita perbagian. Di post ini, gw baru cerita kaderisasi aja.

Pertama kali tahu SP dari promosi mereka dari kelas ke kelas, waktu MOS. Setelah itu ada expo subsie, yang diadain tanggal 17 Agustus. Gw sendiri ngga tau kenapa gw tertarik masuk SP, padahal promosi mereka biasa aja. Insting kali yaa, hehe... Jadinya gw ikut waktu kumpul pertama. Banyak yang ikutan, kelasnya sampai penuh (klo ngga salah di XI IPA F). Kumpul pertama masih baik-baik aja, cuma kenalan ceria sama panitia kaderisasi yaitu SP 39 (maksudnya angkatan 2005). Tapi begitu kumpul kedua, mulai deh angkatan gw dimarahin. Gara-gara telat, ngga ngasi argumen, ini itu lah.... Dan marah-marah ini berlanjut terus sampai angkatan gw diKPL (KPL = Kegiatan Praktek Lapangan = semacam pelantikan).

Di masa awal kaderisasi, ada Pentaru (singkatan dari Penerimaan Anggota Baru bukan sih?). Kita caaspank 40 (Calon Anggota SP Angkatan 40, haha sok disingkat =P) dikelompokkan, dan jalan dibimbing sweeper dari pos ke pos (tepatnya kelas ke kelas). Pentaru SP bareng sama Pentaru Kopsis, jadinya ya gw ikut dua-duanya. Ini momen pertama kali gw bertemu pos kepemimpinan!! Ampuun, nih pos shock therapy banget. Para SP angkatan atas marah pol-polan di kelas yg gelap. Gw takut banget disini... Yah hari itu gw lewati dgn sedikit stres, walau pos lain (motivasi, kreativitas, imtaq, apalagi yaa?) lumayan asik.

Tamat pentaru, rutinitas cari tanda tangan pun dimulai. Kita nyari TTD dengan atribut box, bentuknya buku warna ijo. Di dalamnya ada buku TTD yang sangat susah dibuat, karena sampul dan kertas di dalamnya berbentuk matahari dgn 40 sinar. Gunting polanya bikin capek!! Terus ada buku angkatan, yang juga susah dibuat. Bentuknya oval kaya daun, warna juga ijo, dan sampul depan-belakang pake karton board. Banyak gunting patah gara-gara nih karton. Tapi gw salut, ada 39 yang ikut bantu kita bikin, walau mereka cuma duduk-duduk dan ikutan gunting. Makasih yaa =) OIA kenapa warnanya ijo semua, karena ijo itu warna angkatan 40. Saking seringnya gw ngeliat warna ini, samapi sekarang gw masih eneg kalo lihat karton asturo ijo.

BTW, ini ada foto angkatan gue yang ditempel di belakang buku tanda tangan :

*iiih, masih pada cupu!!*

Proses minta TTD lumayan ribet. Kita muterin sekolah nyari 39 dan 38 (SP angkatan 2004). Paling takut ya nyari 38, kelas X kan terpisah jauh ma kelas XII jarang ada interaksi lagi. Ada aja angkatan atas yang ngasi tugas : bikin puisi, cari lagu yg ga ada huruf P (nyanyiin di kelasnya lagi! Sial!), opini ttg saya, macem-macem deh. Untungnya ngga pake salam aneh, cuma Golden Triumph (atw Tramp??) aja. TTD yang didapat, dicek waktu forum. Klo TTD ngga sama seangkatan atau lebih dari interval, para caang dapet konsekuensi. Tugas lagi, konsekuensi fisik lagi. Capek...!!!

Oh ada momen heboh mengenai buku angkatan. Jadi bertempat di XI IPA F, ada forum yg bahas napa buku angkatan ngga terisi penuh. Entah gimana tiba-tiba Reyhan berdiri dan ngomong ”emang ka, buku ini bikin capek!” sambil banting bukunya ke meja. Si Sofi pun ngamuk ”ya udah, klo ngga guna buang aja!”. Dia ngerebut satu buku entah dari sapa, dan langsung dia injak. Debi langsung maju, berusaha ngambil tuh buku sambil nangis. Para 39 langsung teriak-teriak ngga jelas. Sedang gw cuma bisa menyaksikan dengan takjub semua ketegangan itu, ckck...

Ada beberapa istilah yg sering dikeluarkan 39 (atau 38) selama forum :
Ada kesalahan : ”PJ jadi tumbal!!”
Ada yg ngomong : ”kami ngga butuh poci-poci!”
Ada yg mau ngomong : ”4L!! Lo lagi, lo lagi...!!”
Belum ada yg ngomong : ”yg belakang jangan cari aman! yg depan jgn cari muka! yg tengah jgn cari anget!!” *sumpah, gw nahan ketawa dengernya
Caang diem semua : ” mana argumennya deeeeeek... ???!!!”

Dengan dialog paling oke :
Caang : ka, kami minta waktu diskusi
39 : berapa lama?
Caang : tiga menit aja ka
39 : kelamaan! satu menit!!
Caang : tapi ka...
39 : mulai dari sekarang!!
Berrrr, semua caang langsung sok diskusi bikin lingkaran, padahal banyak yang bingung mau diskusi apa. Sementara 39 itu berteriak-teriak guna meramaikan suasana ’satu, dua, tiga.... tiga puluh sembilan... semenit!! Semua kembali ke tempat! Cepat!!’. Semua caang bubar, langsung kembali ke tempat duduk semula.
39 : kamu! yg di ujung! apa hasil diskusinya??
Caang yg di ujung : mmm, ngngng.....
39 : teman kalian sendiri ada yg ngga tau! Lalala....*omelan standar

Yang lumayan sih diklat, caang dapet ilmu ttg penelitian dan organisasi, dan konsumsi tentunya =P Pertama konsumsi masih lemper, meningkat jadi sus, sampai terakhir blackforest. Hoho, enaknya. Yah walaupun rada bosenin (ada kk wauwau yg super garing), tapi menyenangkan lah. Ngga ada marah-marah, teriak-teriak di sini.

Seluruh proses ini berlangsung selama 4 BULAN! Dari September sampai Desember, itu udah termasuk break, sama sekali ngga ada kegiatan kaderisasi, selama bulan puasa. Lama banget kan? Nyaris tanpa akhir. Sampai udah dekat KPL, tekanan makin meningkat. Tiap IP disuruh bikin makalah penelitian bwt dipresentasikan di AV Grande. Mulai deh disini keluar kalimat ’kalian ngga siap KPL!!’, dan mulai ada konsekuensi fisik. Plus acara cari tiket KPL (mestinya slayer, tp belum dibeli 39) dan latihan fisik. Yang paling gw inget dari masa ini :
  • Pertemuan ortu – panitia KPL. Banyak ortu yg nanya KPL mau ngapain aja, gimana keamanan, dll. Nyokap gw crita ada ortu yg nanya OM (observasi malam) maksudnya apa. Dijawab panitia ’melihat kehidupan malam, melihat bintang’. Ketawa gw dengernya, ngga mungkin itu! Gw aja tau tuh acara apa. Tapi yang jelas, banyak ortu marah-marah, termasuk ke Pak Eddy. Kasian juga panitianya...


  • Kumpul terakhir sebelum KPL, banyak 38 yg masuk (38 ini maksudnya 2004). Mulai deh mereka nanya siapa yang belum siap KPL, yang belum siap ngga usah ikut aja, dll. Makin lama mereka makin ngamuk, terutama oknum D. Dia marah gara-gara ada alat yg belum selesai. Ada temen gw si Amien ngomong ’daripada begini, kan mendingan kita bikin alat sekarang’. Si oknum D meledak ’ya udah klo menurut kalian forum ini ngga guna!’, dan BRAKK!! Dia kluar sambil membanting pintu. Cukup mengerikan...*.*

Begitulah kaderisasi. Akhirnya tiba juga saat yg dinantikan (halah cuih) yaitu KPL!! Gw cerita ttg KPL di part berikutnya aja yaa...=)

No comments: