Friday, June 27, 2008

Selalu Ada Kejutan di Kelas PKN


Ini cerita tentang mata kuliah 2 SKS bernama Pancasila dan Kewarganegaraan. Tadinya, hampir semua anak TI, tepatnya anak TI yang PKN hari Kamis jam 9, milih kelas bu Siti. Berhubung kelas ini penuh banget2 (berbagai jurusan ada disana jadi qt kuliah di LFM), semua anak TI pun dipindah ke kelas lain. Sebut saja ini kelas si dosen X.

Masalahnya adalah, yah gimana ya ceritanya, dosen X ini lucu sekali. Yah tau lah maksudnya apa... Kadang-kadang ada yang disuruh maju ke depan n memeragakan hal-hal lucu, kaya nikah antar etnis (kalau ayah Batak dan ibu Padang, anaknya ikut manah??) atau beda pria dan wanita (apa arti sex??). Kejutannya adalah yang maju dipilih secara random sama si dosen. Jadi yang kedapetan duduk di pinggir, siap-siap aja buat ditunjuk...

Kelas gw pernah dibagi beberapa kelompok, dapat tugas presentasi n bikin laporan dengan tema yang udah ditentuin. Temanya tuh seperti :
”teknologi yang melandasi aspek kerohanian etc....”
”menjunjung harkat dan martabat bangsa-bangsa di dunia dalam pandangan (industri)”
Gw ngga salah nulis ko, emang industri di dalam kurung. Bingung kan maksudnya apa??

Tapi yang paling mengejutkan dari yang mengejutkan adalah UTSnya. 20 soal pilihan ganda dan soalnya didikte. Ada soal dengan pilihan jawaban :
a. benar alasan benar
b. benar alasan salah
c. benar alasan ragu-ragu
d. benar alasan dipertimbangkan
e. salah alasan salah
Ada lagi soal dengan pilihan jawaban :
a. kesatuan
b. kesatuan nasional
c. kebersatuan
d,e,f lupa...
dan ada satu soal panjang yang diawali dengan (ini versi singkat yaa, gw udah agak lupa lengkapnya, karena gw ternganga takjub waktu soal ini dibacain) :
”gajah itu binatang yang berkelompok. Kalau ada gajah sendiri, berarti dia mau mandiri, dan bikin kelompok lagi” diam sesaat, orang-orang mikir maksudnya gajah ini apa.
”dulu ada kerajaan besar bernama Majapahit, daerahnya sampai Irian, Kalimantan. Kerajaan ini dipimpin Hayam Wuruk, yang punya patih hebat bernama Gajah Mada” ooh, maksudnya gajah tuh ini... Tapi orang-orang masih bingung apa yang akan ditanyakan.
”di masa itu, ada Mpu yang menulis kitab Sutasoma. Di kitab itu tertulis Bhinneka Tunggal Ika. Nah, apa arti Bhinneka Tunggal Ika??”
Astaga, setelah melalui kisah tentang gajah, Majapahit, Gajah Mada, rupanya ini soalnya....

Ya bayangin aja ada 20 soal yang modenya begitu. Oh ngga lupa sama soal-soal tentang pasal UUD. Tapi ujian PG 20 soal kaya gini bikin gw ngerasa kembali ke jaman SD. Padahal jaman SD aja ujian gw ngga pernah didikte, selalu dapet kertas soal. Kalau ada mencongak kaya gitu cuma pas latihan aja. Berarti ujian kaya gini lebih parah dari anak SD, ampun deh...

No comments: