Thursday, February 18, 2010

It's Real World, Baby

Beberapa hari ini gue mengalami percakapan yang membuat gue ngerasa tua:

Percakapan 1:
gue: lo abis lulus mau ngapain X?
X: gue mau mulai usaha
gue: woow, ga lanjut kuliah aja?
X: ga, masa umur segini gue masi belom bisa hasilin duit

Percakapan 2:
intinya gue lagi nanyain kabar temen gue Y, dan pacarnya yg berbeda agama
gue: kalo udah beda, nanti gimana dong?
Y: ya gue yang ngalah
gue: serius? kalo lo ga suka sama yg baru?
Y: kalo ga sreg ya batal, masa gue paksain, itu kan sesuatu yang harus bisa gue terima

Setelah mengalami 2 percakapan itu, gue ngerasa jauh tertinggal. Yang gue pikirin sekarang baru terbatas TA, rencana liburan abis lulus, atau paling banter bingung S2 dimana. Sementara beberapa teman gue udah mikirin tujuan hidup, or even their marriage...

dan gue ngerasa tertohok:
Sekarang lo bisa ongkang-ongkang kaki, begajulan seperti mahasiswa pada umumnya. But in next few months, lo bakal keluar dari zona nyaman lo. Lo udah siap belom? Lo udah tau belom di luar ada apa aja? Emang lo mau duduk manis di rumah, udah kerja tapi masi makan pake duit ortu? Terus nunggu rombongan roti buaya dateng ke rumah? Kayanya udah waktunya lo mikirin baik-baik masa depan lo deh ci...

Jujur, gue belum ada bayangan tentang masa depan gue.

Mau kerja dimana? Entahlah. Pengennya sih yang gajinya gede, dan lebih penting lagi gue ngerasa nyaman disitu. Kalo ngga nyaman? Kalo kerja cuma jadi ajang pemenuhan your daily bread? Yaa gue ngga bakal serius menjalaninya. Hehe, sekarang gue masi bisa deh sok idealis..

Mau S2 dimana? Udah ada bayangan sih, tapi masi nyari yang lain. Lo mau kirim CV dan transkrip lo ke semua univ, dengan pikiran "dapet dimana aja deh, asal S2"? Pathetic.

Kalo marriage, hmm bentar, emang udah ada calon?

Hmm, thinking about my future... Beberapa orang mungkin bilang let it flow, tapi masa iya gue biarin ngalir gitu aja. Dan gue juga ngga mau terlalu menekan diri gue dengan sekian target, rencana, strategi, dll. Gue ngga mau kebahagiaan gue tergantung apakah rencana gue jalan atau ngga. Nah, I'm not that shallow...

Gue merasa lagi melewati labirin, dan masa depan gue ada setelah gue keluar dari labirin itu. Gue punya kompas yang akan nunjukin arah yang bener. Kadang kompas gue nunjukin kalo gue harus lewatin jalan sempit, berlubang, tapi bisa jadi gue malah milih jalan yang mulus dan lebar. Hasilnya: nyasar. Gitu juga hidup gue. Gue punya otak, akal, hati buat tau apa yang bener buat gue. Tapi gue ngga mau berkorban, gue males keluar dari zona nyaman, akibatnya hidup gue ngga akan berkembang. Tinggal gue yang milih: berkorban banyak buat jadi manusia bahagia dunia akhirat, atau sekedar jadi orang yang asik-asikan numpang luntang-lantung sebentar di dunia.

Intinya, gue emang ngga tau apa yang akan gue hadapi nanti. Tapi gue tau apa yang gue mau, dan gue bisa milih apa yang akan gue lakuin ntar. Wajar kalo gue takut menghadapi masa depan, asal gue ngga berubah jadi chicken katak yang bisanya ngumpet di bawah tempurung terus. Lagian buat apa juga gue takut sekarang, toh masi 5 bulan lagi, insyaAllah amiiiin, sebelum gue say goodbye dari status mahasiswa, dengan gelar S1 tentunya.

Yang penting sekarang, fokus TA dulu. After that, bright future here I come.. bismillah... :)

No comments: