Monday, May 25, 2009

Daftar SMA Terbaik, plus sedikit pemikiran...

Ini ada daftar 50 SMA terbaik nasional untuk program studi IPA, negeri maupun swasta, berdasarkan hasil UAN 2007/2008.

  1. SMU KRISTEN I PENABUR
  2. SMU INSAN CENDEKIA
  3. SMUN 2 MODAL BANGSA KUTA BARO
  4. SMU KRISTEN 3 PENABUR
  5. SMU SANTA URSULA
  6. SMU ALOYSIUS 1 BANDUNG
  7. SMU KRISTEN BPK 1 PNB BANDUNG
  8. SMU ST. URSULA II
  9. SMU NEGERI 8
  10. SMU Negeri 1 Padang Panjang
  11. SMU Taruna Nusantara
  12. SMU KRISTEN 5 BPK PENABUR
  13. SMU ST ANGELA BANDUNG
  14. SMUN 2 TINGGIMONCONG
  15. SMU KANISIUS
  16. SMU NEGERI 1 SIDOARJO
  17. SMU DON BOSCO II
  18. SMU N 2 AMLAPURA
  19. SMU SANG TIMUR
  20. SMU Kolese Loyola
  21. SMU TARUNA BUMI KHATULISTIWA
  22. SMU NEGERI 1 GENTENG
  23. SMU KRISTEN BARANA
  24. SMU Negeri 1 Yogyakarta
  25. SMU SWASTA TITIAN TERAS
  26. SMU NEGERI 12
  27. SMU YOS SUDARSO
  28. SMU TRINITAS BANDUNG
  29. SMU Negeri 1 Bukittinggi
  30. SMU SANTA THERESIA
  31. SMU TARUNA DRA. ZULAEHA
  32. SMU FONS VITAE I
  33. SMU K KALAM KUDUS 2
  34. SMU NEGERI 1 GIANYAR
  35. SMU NEGERI 81
  36. SMU KRISTEN KARUNIA
  37. SMU Negeri 3 Yogyakarta
  38. SMU N 1 Klaten
  39. SMU NEGERI 5 SURABAYA
  40. SMU ALOYSIUS 2 BANDUNG
  41. SMU KRISTEN 4 PENABUR
  42. SMU KRISTEN BINA BAKTI 2
  43. SMU N 1 Pati
  44. SMU DWI WARNA
  45. SMU Negeri 4 Bukittinggi
  46. SMU NEGERI 1 TUBAN
  47. SMU PELITA HARAPAN
  48. SMU NEGERI 78
  49. SMU NEGERI 1 SEMARAPURA
Tentu peringkat satu masi Penabur 1, ngga heran lah gue..

Untuk tingkat nasional, SMA gue oke juga. Lumayan lah masuk 10 besar, di peringkat 9. FYI kalo seJakarta SMA 8 masi nomor 1 untuk sekolah negeri, dan jadi satu-satunya sekolah negeri (peringkat 4) di 10 besar kalo sama swasta. Hihi pamer.. =P

Tapi ada sesuatu yang menarik perhatian gue dari daftar di atas... Gue kira selama ini sekolah-sekolah yang paling bagus, ya yang paling sering gue denger. Misal SMA ini, SMA itu, SMA lala, atau beragam SMA lain deh. Tapi ternyata banyak yang ngga ada di daftar di atas. Kekagetan pertama.

Kekagetan kedua, banyak banget malah SMA yang ngga gue kenal ada di daftar tersebut. Dan banyak juga yang bikin dahi gue berkerut, ini sekolah di daerah mana nih?? Ambil contoh, Kuta Baro. Dimana tuh? Kalo Semarapura? Genteng? Tinggimoncong? Dan heiii, ini bikin gue sadar tentang beberapa hal.

Siapa bilang konsentrasi pendidikan CUMA ada di pulau Jawa? Oh iya sih kebanyakan di Jawa, tapi ngga semua. Dan menurut gue ini pertanda yang lumayan baik, bahwa ternyata pendidikan di Indonesia udah mulai terstandar, ngga cuma fokus di satu daerah *baca: Jakarta*. Mereka yang terbaik justru kebanyakan ngga banyak diekspos, ngga banyak yang tahu termasuk gue.

Oke lah, mungkin aja cuma SMA itu-itu aja yang ada di daftar SMA terbaik dari tahun ke tahun. Tapi bagus dong kalau mereka emang bisa mempertahankan prestasi. Sekarang bagaimana caranya sekolah lain mengejar prestasi itu, tapi tentunya ngga dengan cara curang. Tapi apa ukuran keberhasilan sekolah cuma bisa dinilai dari nilai UAN aja?

Yah, ini sih yang masih jadi masalah. Kurang adil kalau hasil belajar selama 3 tahun, dipukul rata hasilnya cuma dengan sekali ujian. Tapi mau gimana? Coba pikirin satu-satu alternatif UAN:
  1. Ujian masing-masing sekolah. Yaelah, UAN aja masi pada curang, apalagi kalau sekolah ngadain sendiri. Malah nambah dosa nih
  2. Ngga usah ada ujian, cukup SPMB buat yang mau lanjut kuliah. Nah kalo gitu parameter bagus ngga-nya sekolah diukur dari mana dong? Apa kirim satu-satu petugas buat evaluasi SEMUA sekolah di Indonesia? Mahal benjet. Atau ngasi kuesioner ke semua SMA? Ini juga pasti bakal bias, hasilnya pasti bakal memuja diri sendiri.
  3. Katanya pakar yang gue pernah tonton di TV ya, ada 4 kategori siswa. Pinter kaya, pinter miskin, bodoh kaya, dan bodoh miskin. Pinter kaya, how lucky they are, bisa milih SMA unggulan. Pinter miskin bisa dapet beasiswa. Bodoh kaya bisa ikutan les. Yang celaka yang bodoh miskin *beneran si pakar yang ngomong ini*. Jadi sang pakar menyarankan, adain UAN yang dibedakan untuk 4 kategori ini. Hmm, lucu, gue bayangin di sekolah bakal ada kalimat "yang bodoh miskin kerjain soal tipe A, bodoh kaya kerjain tipe B, lalala". Ouch, it hurts...
  4. UAN regional? Misal soal UAN DKI dibedain sama di, hmm, Kalbar. Hei, solusi ini feasible juga kan? Tapi bakal repot di birokrasinya. Itu para kepala daerah mana terima kalau daerahnya dianggap "tertinggal dalam bidang pendidikan"
Jadi sejauh ini, gue menganggap UAN masih jalan terbaik. Oke oke, pendidikan semua sekolah ngga sama, gaji guru kurang, infrastruktur kurang, dan lain-lain. Tanpa menghilangkan peran pemerintah *yang harusnya berperan besar*, menurut gue kita ngga mesti terus bergantung sama pemerintah. Karena dengan kebijakan pemerintah pun kita masih gini-gini aja. Misal lo pikir, pas udah ada dana BOS+larangan jualan, itu sekolah bakal berhenti jualan buku? Tuh liat aja SD-SD negeri sekarang! Jadi gimana mengharapkan bantuan pemerintah, kalau sekolah sendiri pun susah diatur?

Kalau mau, coba lihat deh kondisi sekolah dulu. Banyak orang besar yang muncul dari sekolah-sekolah yang seadanya. Yah jangan orang besar deh, nyokap gue aja dulu sekolahnya susah banget. Di sekolah bagus, tapi tetap aja sulit di masa itu. Tapi nyokap gue sekarang berhasil. Yah jangan bandingin sekarang sama masa lalu, tapi heiii, kalo gitu jangan bandingin Indonesia sama Jerman yang sekolahnya gratis doong... Beda kelas bung, negara maju sama negara yang pengen maju!

Menurut gue pendidikan adalah satu-satunya jalan menuju sukses, yah kecuali bagi orang-orang berbakat yang mampu belajar otodidak. Ayo semua pihak sekolah, bangun sekolah masing-masing. Jangan maksa keadaan berubah *baca: ilangin UAN, seperti yang selalu digembar-gemborkan sophia latjuba, btw should I mention that Eva Celia pernah ngga naik kelas?=P*, tapi coba deh kompromi sama keadaan. Dan heiii Diknas, masih banyak hal yang harus diurus =)

Dan semua omongan gue diatas juga murni pemikiran gue, yang sama sekali belum ngerti kondisi pendidikan seutuhnya.... Gue cuma berharap bahwa pendidikan di Indonesia bisa berkembang, merata sama baiknya di semua daerah. Dan apa kontribusi gue? Selain nulis *ini pun masi bukan kontribusi, gue cuma nulis gitu!*, gue coba yang gue bisa biar bisa jadi mahasiswa yang baik. Belajar, biar gue bisa make ilmu gue disini, di negara gue.

Vivant academia, vivant professores,
Vivat membrum quodlibet, vivat membra quaelibet
*taken from "it" song, which is originally created as a drinking student song =P*


PS : ini postingan kemana-mana ya. mulai dari peringkat SMA, ke UAN, sampai ngasi saran segala. hihi, maaf ngga fokus =)

24 comments:

raWk zone™ said...

loh2..,, skul gw mna nih ???
SMAN 3 SMARANG...pdahal mnurut data si msuk 10 besar skolah negeri terbaik se indonesia lo...
Btw,, nice bgt post ny ,,tuh ngetik sndri smwa?,, kren2..

Anonymous said...

hwaauw . skola ak mntap tuh ! pringkat 2 ~
hhoho :')
*terharuu

Fickey said...

Thank you mbak(gw skrg kls 9, mo cari SMA).
Moga ni bisa bermanfaat buat gw n semua yg baca.

kalo mw, aku punya

FB ; fickey_ahmadinejad@ymail.com
plurk ; www.plurk.com\fickey
blog : fikriahmad.blogspot.com

arie apriadi said...

SMAN 2 MODAL BANGSA KUTA BARO tu SMA gw d ACEH. . .
masaan pada gg tau sii. . kan sering bawa pulang medali tu klo olimpiade nasional.. ^_^

Almawardi said...

Sma modal bangsa tu di aceh besar,oia,bkn sma 8 prgkt 1 negri,tp modal bngsa(peringkt 3)
Tu jg NEGERI..
SMA GW..
hahaha

aris said...

smun 1 genteng itu di banyuwangi sis kalo di tingkat jawa timur sangat diperhitungkan tuh...

btw sekolahku dapat no. 31 dari probolinggo, jatim juga...

Andy said...

hahaha....
SMAN Modal Bangsa sekolahan aing tu...
mantabb sekolahan aing, peringkat 3 Nasional buat jurusan IPA ...
Klo kategori sekolahan umum sekolah aing peringkat wahid....
asssiiikk

tiarazarine said...

hmm, mau numpang tanya dong. kalo yg peringkat 2 itu insan cendikia mana? yg serpong apa yg insan cendikia al kautsar sukabumi ?
soalnya lg mau nyari sma nih. bingung juga mau nyari sma unggulan.
tp thanks bgt ya infonyaa :)

Nana Zhafirah said...

klo sma terbaik 09/10 ad g??
biz skrang w klas 9 bgung bgt mo nyari sma

if ad yg pny info kirim ke nana_zhafirah@yahoo.co.id

-mkasii

My blog said...

What, nak aja luh. Kuta baro tuh ada nya di Aceh. SMA ter BAIK Di aceh yang Cuma satu2 nya SMA di bawah naungan pemerintah daerah. Dan SMA kami tuh, Sedang dlm Pnilaian untuk Di msk kan k dlam Dftr SMA negri bertaraf Internasional. Jdi Skrg sttus na msh RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) makan na jdi orang Uptodate dunk. jadi gk Ktglan brta ttg Bgimna sklh2 di INDONESIA brusaha mmperbaiki Kualitas sekolah nya.

Nama Saya Cici said...

Hehe, santai booi, eke kan ga punya temen dari sono sih. lagian gue juga jarang ikutin berita jadinya ga tau deh. lagian ni data 2 taun lalu ko, mungkin udah berubah kali yaa.

tapi bagus dong kl SMA2 di daerah lebih bagus dari yg di jawa. makin merata pendidikan, makin mantap kan. emang cuma sekolah di jawa doang yg bagus (padahal gue numpang hidup di jawa :D)

smoga pendidikan di indonesia makin bagus deh yaa..

Anonymous said...

luar biasa,,,

SMAN 2 TINGGIMONCONG yang notabene berada jauh dari peradaban kota Makassar bisa menembus kerasnya persaingan SMA se INDONESIA walau hanya peringkat ke-14,,,

buat adik2 yang masih sekolah d sana,,jangan lengah,,,maju terus,,misi kita adalah menjadi yang terbaik...

putra_iqra said...

SMAN 2 TINGGIMONCONG skolahan gw tuh,. wakakakak!! hebat skolahan gw,. udah t4ny di daerah pegunungan (jauh dari peradaban apalagi hiruk pikuk kota jakarta)heheh,.

nih lumayan bwt SMA yg baru brdiri 14 tahun,.

zahratul kamila said...

hehehe... btw skul modal bangsa kuta baro tu letaknya di Aceh,,
skul aq tu..:P

Anonymous said...

:P

Rendy said...

bukannya sekolah negerri pertama yg msk 10 besar itu MAN Insan Cendekia..itu kan Madrasah Aliyah Negeri...

Athin said...

weh, SBBS di Sragen koq nggak ada? Perasaan udah nyampe 100 medali dari dalem&luar negeri...

Anonymous said...

Alhamdulillah sekolahku masuk urutan 14.
Aku sekolah di SMA Negeri 2 Tinggimoncong, dan sekolah itu memang merupakan sekolah "Andalan" di Sulawesi Selatan. :)

imran said...

sma 2 tinggimoncong tu ltkny d malino slh 1 kota d sulawesi selatan tptny d kecamatan TINGGIMONCONG.
walupun d asramakan d gunung tetap berprestasi..
HIDUP SMUDAMA !!!!!

Endryk said...

perasaan sma taruna dra zulaeha masih di bawah sman 1 probolinggo?

pascoelaviera said...

hei,,,jgn salah SMA ku di urutan ke 23 tuh
nah tempatnya di Toraja Utara, Sulawesi Selatan....

follow me, ci'...

hokage_xvi@yahoo.com said...

Ini list 35 SMA terbaik di Indonesia versi Depdiknas terbaru,tanpa ranking (saya ambil dari akun twitter @HaiMagazine): TANPA URUTAN RANKING:

SMA 81 Jakarta,
SMA Taruna Nusantara,
SMA 3 Bandung,
SMA 5 Surabaya,
SMA 1 Kediri,
SMA 4 Denpasar,
SMA Al Azhar BSD,
SMA 3 Semarang,
SMA 3 Malang,
SMA 3 Yogyakarta,
SMA 2 Tinggimoncong,
SMA 2 Temanggung,
SMA Al Azhar Kelapa Gading,
SMA Regina Pacis Surakarta,
SMA 1 Padang,
SMA 1 Magelang,
SMA 3 Surakarta,
SMA Labschool Rawamangun,
SMA 1 Tasikmalaya,
SMA 1 Purwakarta,
SMA 1 Garut,
SMA 1 Bogor,
SMA 1 Sooko,
SMA 2 Mojokerto,
SMA 1 Pamekasan,
SMA Plus Riau,
SMA 4 Kendari,
SMA 5 Mataram NTB,
SMA 5 Bandung,
SMA 1 Denpasar,
SMA 1 Purwokerto,
SMA 1 Samarinda,
SMA 1 Boyolangu (Jatim),
SMA 1 Way Jepara,
SMA Santo Petrus Kalbar,

tapi kayaknya ini yg negri2 aja, soalnya perasaan ada yg lebih bagus..

Orive Ralina said...

sma pskd 1 dpn rscm bs dibilang skolah lumayan jg, mengguanakn sistem blajar dgn i-pad saja tanpa buku, study tour ke luar negri, kerjasama dgn niki singapura dan indonesia, apple asia, i-box indonesia,pemerintah perancis jg. Disana kita dibolehkan kluar kls asalkan nilai bgs, di audio visual disediakan sperti dvd dan tv buat nntn ketika bosan, tidak ada senioritas, ada ruang musik, ruang masak khusus, dan basketnya keren, bbrp atlit basket nasional jg disana, baju bbs kamis jumat, rambut bbs, peraturan dibuat siswa, dan ada beasiswa slain akademik jg, sperti olahraga, musik, seni dll. Dan biayanya jg murah

Rianto Martino said...

SMAN 8 Jakarta tahun 2013

WIKIPEDIA 2013 : Passing Grade
UN terendah …….... 9,388 (2013)
UN rata-rata ……… 9,502 (2013)
UN tertinggi ………. 9,800 (2013)

OSN 2013 di bandung : 4 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu

PTN 2013 : Tembus 91,84% = 384 anak tembus PTN dari 417 anak

UI 222, ITB 115, UGM 41 dsb

Kedokteran UI (FK UI) 2013, tembus 26 anak

SNMPTN Undangan, PPKB UI, Talent Scouting 2013 tembus 132 anak

Peringkat 10 Besar UN SMA 2013 se Indonesia (rata2 UN SMA : 8,74)

Ada 2 (dua) siswi putri masuk 10 Besar UN tertinggi SMA se Indonesia 2013 :
Gracia Isaura Laurensia ( rata2 UN 9,75) masuk ITB
Sarah Aliya Firnandya ( rata2 UN 9,73) masuk U.I T Metalurgi

Peringkat 2 Sekolah dgn Toillet terbersih dan tersehat se SMA Jaksel 2013
Peringkat 1 nya SMA Labschool Kebayoran

Tahun 2014 : UN 2014 aja belom, 4 siswi SMAN 8 Jkt sdh di terima BEASISWA “Monbugokashu JEPANG” 2014. (ke 4 siswi cewek semua)