Monday, December 24, 2007

Matrek oh Matrek...

Karena lagi ga ada kerjaan, gue pengen cerita satu-satu tentang semua praktikum matrek itu. Kelompok gue praktikum tiap Rabu pagi jam 8-11, makanya sering banget telat kuliah. Kita punya kebiasaan ngumpul jam 7 di KBL, mengantisispasi kalo TP blom selesai atau ada yang ga bawa jas lab. Yang kocak, kita jadiin ini ajang lomba sapa yg paling males, dan untungnya gue sering dateng pertama, hehe...Praktikumnya sendiri sih ga gitu nyusahin, yg nyusahin bikin TP dan laporannya itu loh... Tapi setelah gw pikir-pikir stelah semua praktikumnya tamat, gue ngerasa kehilangan juga. Soalnya banyak yg gw alamin, yang sekarang gue critain disini....


Uji Impak :
Karena praktikum pertama, jd gw bikin TP sendiri, ga nyontek master *gini aja bangga*. Praktikumnya sih asik2 aja, malah cenderung villager, contoh waktu kita:
lihat mesin uji impak : ihh keren banget alatnya, magiiiic...
nitrogen cair dituang : waah asapnya ky di sinetron!! *loncat2 sambil ngangkat2 ujung clana*
ada spesimen yang belom patah : sini gue patahin *oknum ini merusak spesimen, bikin sekelompok bingung buat bikin analisis bentuk patahan*

Tapi waktu diskusinya lama banget, gara-gara si asisten ngira waktunya 4 jam. Yeee, asal banget sih, kuliahnya aja cuma 3 jam!! Dasar...

Kita presentasi abis lebaran, jadi ada jeda lama buat bikin laporan. Yaudah gue teror aja tuh asisten buat nanya ini itu. Presentasinya sendiri berasa kaya malam swasta, soalnya lama (dari jam 5 lewat sampai jam 7 malem) dan dikerubungin asisten2 lain. Begitu slesai, kelompok gue jd sensi ma si kk asisten. Katanya karena nyebelin, hobi nanya ga penting, show off, nyolot, etc lah. Tp jujur nih, gue ngga ngerasa dia senyebelin itu, mungkin gue udah biasa ditanyain mulu di SP atau emang gue yg terlalu nyantai, he3... Tapi karena suasana panas, gw pun terbawa...

Jadinya sambil ngerjain TP kita pun ngomel2, berikut ini beberapa komen dari temen gue ttg dia :
A : klo gue ketemu dia di angkot trus dia ngga bawa dompet, ga akan gue bayarin!! gue bakal bilang ‘dadaah kaka! *dia dadah2 dengan tampang puas*
B : sumpah klo praktikum besok dia muncul lagi, gue langsung teriak deh
C : kayanya dia suka salah seorang dari kita deh, ga mungkin ngga soalnya dy show off abis
Pokoknya dia abis lah diomongin semaleman...  


Uji Bending lelah sekali... :

Klompok gw punya ekspektasi tinggi ma nih praktikum soale asistennya si kakak (yg kabarnya sih) baik hati. Waktu lagi tenang tes awal, tetiba ada sesosok tubuh muncul di pintu n bilang “eh klompok yg semalem...”
Bisa anda tebak siapa..???
Petunjuk : sekelompok langsung pandang-pandangan dgn tampang ga percaya, luthfi bertampang BT, septine bertampang shock, gue langsung ketawa geli....
Yup tepat skali, yg muncul si kakak asisten praktikum kemaren....


Begitulah, klompok gue terpaksa berhadapan lagi dgn nih orang. Panjang umur skali dia, baru smalem diomongin, pagi-pagi muncul lagi. Diskusinya jadi lama karena kakak ini ikutan nanya mulu, padahal asistennya sendiri diem-diem aja. Blum lagi ada asisten bertampang galak yg ikutan nangkring juga, dan punya hobi ngeluarin kata-kata mengintimidasi (banting, bakar, bantai, pasti masa kecilnya keras deh).

Tapi yg berkesan dari praktikum ini,
gue bisa bikin diagram H-beberapa jam sebelum presentasi. Tadinya gw bener-bener ngga ngerti gimana bikinnya, buka catetan ga jelas, di buku ga ada. Eh pas lagi duduk2 di borju jam 10.30, tiba2 gue dapet pencerahan, triiiiing *efek suara*. Nah gue ga ngerti deh si kakak ini sebenarnya ngerti diagram gue atau ngga, soalnya waktu presentasi gue cuma bermodal kalimat “iya ka ini yg diajarin pak dosen” O=)

Presentasi sih sebentar banget, karena si luthfi bilang “ka, presentasinya cepet ya, jam 6 saya ada les”. Tapi slesai presentasi,
gue iseng2 minta “ka, besok kita uts nih, ajarin doong”. Eh si kaka beneran mau ngajarin. Baik skali orang ini.. Kita pun duduk manis ngelilingin meja persis kaya anak TPB lagi Smart Privat. BTW si luthfi jadi les ga?? Dia masih duduk tenang tuh ikut blajar bareng. Itu sih cuma jurus dia biar presentasi cepet selesai, hehehe...


Uji Puntir...

Nah ini uji yg ditunggu-tunggu si Tice, gara-gara diasistenin si kordas. Praktikumnya si ga ada apa, cuma ada temen gue yg nangis
gara-gara ga suka ma caranya kordas nanya. Yg cihuy malah waktu pengolahan data. Kita berlima (minus Tice) ngerjain di kosnya Septine, mulai jam 9 malem, selesai total jam 2 pagi. Hebat kaaan...???

Oke deh gue jelasin maksudnya hebat buat yg bingung ”apanya yang hebat??”. Pengolahan data nih uji sadis, soalnya perlu 8 grafik buat dapetin apa yg mau dicari. Bikin 8 grafik itu pake rumus-rumus magic, mana ada satu grafik dimana kita harus nyari 25 titik secara manual (bikin skala sendiri) buat lanjut ke grafik selanjutnya. Ditambah nyari regresi linier dr 25 data di 2 grafik, dan angkanya jelek smua (ini bikin mulut yg mendikte+tangan yg ngetik di kalkulator jadi keriting, soalnya kita orang2 ga berteknologi yg ga ngerti cara nyari regresi pake excel). Pokoknya bikin capek otak n capek hati deh (trutama gue, krn gue sempet salah waktu nyari skala 25 titik itu n harus ngulang lagi, sial...)

Belom lagi ada insiden aneh. Gue inget banget tuh, jam 2an, waktu gue bangun dari duduk, kepala
gue nabrak lampu gantung yg emang dipasang rendah banget. Bunyi benturannya keras lagi. Hal-hal yg terjadi tepat sesudah itu :
Ruangan jadi gelap.
Gue langsung jatuh duduk lagi, kepala gue sakit gila-gilaan sampai mata gue berair.
Temen-temen gue : ya ampun ci, lo gpp??
Gue dan temen-temen baru nyadar klo ruangan jadi gelap, ternyata gara2 lampunya pecah.
Temen-temen gue jadi kasihan ma si lampu.

Hmmh, masi untung bukan kepala gue yg pecah, gila dahsyat banget kekuatan impak kepala gue...T.T

Ya pokoknya gitu deh. Napa klompok gue ngebut ngerjainnya, gara-gara si kordas janji mau ngasi nilai lebih klo presentasinya cepet. Presentasinya malah ngga sampai setengah jam. Dan Alhamdulillah pengolahan datanya bener... Bangga gue!!! =) ga sia2 kontur kepala gue jadi aneh sampai sekarang karena nabrak lampu itu...


Uji keras...

Ini uji paling ngeBTin, bikin capek, bosen, sebel... Soalnya sampai jam setengah 12 pun belom slesai, padahal jam mestinya 11 udah beres. Untung waktu itu kuliahnya lagi ga ada. Jadi lama karena si asisten ga ngerti cara make mikroskop (dasar asisten macam apa ini??~.~), dan klompok gue debat dulu gimana cara makenya. Makanya itu jam 3 sore klompok gue balik lagi ke lab buat melototin tuh mikroskop lagi. Bosen!!

Tapi ada sisi bagusnya juga sih. Selesai urusan yang jam 3, klompok gw bukannya langsung pulang tapi malah ngajakin si asisten bergosip. Gosipnya juga oce, gosipin asisten lain!! Haha, gue juga bingung napa nih kaka mau aja kita tanya-tanyain.

Waktu mau presentasi, ternyata si asisten lagi di jakarta. Langsung deh klompok gue searching face ke si korprak : “kak presentasinya ma kakak aja deeeh”
Korprak : duh saya lagi capek, ga mau ah
Kita : ayo dong ka, gpp ma kakak aja...
Korprak : yaudah deh ngga usah presentasi aja
Kita : huaaa, terima kasiiih kk!! Smoga enteng jodoh, murah rejeki, etcetc... *searching face*

Ternyata waktu gue sms si asisten, dia kayanya kesel soalnya udah buru-buru balik lagi ke bandung. Nah klompok gue jadi ngga enak kan. Akhirnya besok klompok gue kembali ke lab buat presentasi, kali ini dengan bermodalkan roti stroberi kacang Jesslyn Cake sebagai sogokan + kalimat “ka, marah ya? yaah kakak jangan marah dong, kita baikan yaa...”. Yang oce, cuma dengan bermodalkan itu klompok gue lolos dari kakak ini, dia kayanya ngga marah dan untungnya dia ga mulangin, hehe...


Uji Tarik... :

Praktikum terakhir nih, jadi gue ngerjain TP dengan niat sepenuh hati. Ga nyontek dan smuanya gue jelasin detail. Tapi ada yg aneh sih dari praktikum ini. Tadinya klompok gue request ke si kordas, kita pengen diasistenin ma kk uji impak. Kan lumayan, kalo ma dia bisa nanya2 banyak, dan klompok gue juga lagi niat waktu itu. Tapi waktu praktikum, yang muncul malah si kordas sendiri. Katanya si kakak impak ga mau. Yaudah kita pun tes awal. Waktu mulai diskusi, tiba-tiba si kordas ilang. Malah tiba-tiba muncul si kakak impak, dan jadinya dia yg nanya-nanya. Lah bingung kan, sebenarnya asisten kita sapa??? Mereka juga pake acara saling lempar lagi, yaudeh gw tulis aja nama dua-duanya di logbook.

Tapi gw lebih bingung lagi waktu gw bisa ‘mengadu domba’ 2 asisten ini, hehe... (sumpah niatnya bukan ngadu domba, tp biar seru aja =p). Jadi waktu diskusi si Tice jelasin nomer 1, itu cuma tujuan tapi malah jadi lama banget soalnya luber kemana2 (biasalah si kakak impak). Krn waktu itu si kordas dan Tice udah deket, gue pun bisik-bisik gini ke si kordas yg jadinya cuma bolak-balik ke tempat diskusi :
Gw : ka, daritadi tice terus tuuh, kasian...
Si kordas pun ngomong ke kakak impak : eh gantian lah, daritadi kartika terus
Kakak impak : nanggung, sebentar lagi

Pas si kordas pergi, gw bisik-bisik ke kakak impak : ka, ada yg panas tuh daritadi tice trus
Kakak impak : ah biarin aja *kembali asik nanya2in Tice*

Pas si kordas dateng lagi, gue pun bilang : tuh ka, masa dari tadi tice terus? Kasian ka...
Kordas ngomong ke kakak impak: udah, Kartika duduk, gantian ma yg lain
Kk impak : ga mau, apaan sih *dia ngedorong si kordas*
gue pun terpana... Busyet maen fisik. Tapi akhirnya si tice disuruh duduk, dan ga ada yg mau jelasin nomer 2. Temen-temn gw malah bilang : udah ci, lo ajaaaaa....
Gw : ga mau ah!!
Tibatiba kordas muncul : saya asistennya, kamu yang maju ci!
Gw : siaul, dasar kordas semena2! *padahal gw juga ngadu domba terus tadi, hehe*

Sayangnya sih, uji tarik ga ada presentasi. Padahal banyak banget yg pengen gue tanyain. Untung akhirnya terjawab juga.

Begitulah, praktikum pun tamat. Iya sih gue ga usah pergi ke bangunan yang sangat ga ergonomis + penuh mesin2 aneh itu, tapi ko jadi kangen ya? Beneran deh, klo banyak yg bilang praktikum itu nyebelin, gw malah bilang sebaliknya. Gue bisa bilang klo praktikum matrek lebih menyenangkan daripada prosman. Hehe, kebalik gini... Soalnya lebih banyak hal berkesan yg gw alamin disini. Eh tp jangan bayangin klo berkesan itu yg mengharukan ya, ga sehachi itu ko. Berkesan itu kaya hal-hal yg ga akan gw alamin di tempat lain, mau aneh atau kocak. Itulah praktikum matrek...

2 comments:

Unknown said...

like thiiiiissss
bener2 menguji mental nih praktikum
kapan nih kita jalan2 lagi empet2an di mobil widya?
asli gw ketawa2 mulu pas baca

File Education said...

Bukanya uji puntir di lab kontruksi ya?
kok ni di lab metalurgi fisik :(

kirain isi blog ada apanya gag tau nya cuma cerita wkwkkw, lucu juga.

Anda ini.


semangat dex :D