Wednesday, October 22, 2008

Kontemplasi Diri

*judul yang berlebihan*

Betapa manusia itu sangat mudah terjebak oleh pertentangan yang terjadi dalam dirinya sendiri. Hal ini udah gue buktikan waktu gue belajar Anabi semalem. Di saat gue lagi stuck, pikiran gue mulai membuka topik percakapan :

Otak : Pengen makan deh
Hati : Hah? Kan baru aja makan
Otak : Itu kan makan berat, kalo sekarang pengen ngunyah yang ringan aja
Hati : Sama aja kali, sama-sama ngisi perut. Hayoo tahan nafsu makan!
Otak : Emang napa kalo gue nafsu makan? Perut juga seneng-seneng aja nampungnya
Perut ikutan : iya ko, gue hepi-hepi aja, kalo maag kambuh kan kasian gue
Hati : Tapi kan sekarang jam belajar, lagian udah cukup ngemil hari ini. Tadi sebelum tidur siang udah makan coklat sama ngabisin kripik kan??
Otak : Itu kan tadiii, 5 jam yang lalu!
Hati : Nah makan beratnya baru sejam yang lalu... Kapan perut istirahat coba?
Perut kembali ikutan : Iya ya, dari bulan puasa gue udah ngga pernah istirahat lagi.
Otak : Haduh cerewet banget sih, udah ah gue laper!!

Maka pemenang debat : OTAK, karena gue langsung ngambil kastengels satu toples. Suasana tenang kembali sampai beberapa saat kemudian gue kembali bosen. Tangan iseng ngambil HP, buka-buka SMS Guard dan gue baca semua SMS yang gue lock.
*SMS guard = aplikasi HP yang bisa ngunci SMS biar orang lain ngga bisa baca, gue pake buat nyimpen semua SMS yang gue anggap berkesan banget tapi terlalu hachi buat ditaroh di folder*

Dialog pun dimulai :
Otak : Ih, ngapain sih lo masih nyimpen SMS-SMS dari tuh orang? Berasa penting aja, mana pake dilock segala
Hati : Ya suka-suka dong, kan SMS pertama...
Otak : Mending SMS pertama, lah ini banyak banget yang lo simpen
Hati : Kan bikin gue seneng pas bacanya, apa salahnya sih?
Otak : Emang dia nyimpen SMS lo juga? Ngga kaliii... Lagian itu jadul banget ci! Sekarang kan lo jarang SMSan ma dia, sekalinya SMSan juga ngga jelas.
Hati : Makanya karena jadul gue simpen, bikin gue inget jaman baheula dan itu bikin gue seneng. Kan berkesan. Apa salahnya coba? Ngga tahan banget sih lihat orang seneng.
Otak : Ya makanya hapus aja tuh semua SMS! Cuma bikin lo inget tuh orang, plis deh! Buang-buang memori HP tau ga!
Hati : Yee, kaya memori buat SMS gede aje, lagian mana tau kalo dia juga inget gue??

Maka pemenang debat : HATI, karena gue kembali meneruskan baca semua SMS itu sambil senyum-senyum. Bosen baca SMS, gue kembali nerusin belajar. Sampai di debat terakhir:

Otak : Bosen juga belajar anabi, belajar PPC aja kali yaa.
Hati : Hari ini kan jadwal belajar anabi, PPC jadwalnya besok.
Otak : Yee, bosen tau dari tadi baca biaya terus! Gantian dong sekarang baca inventory.
Hati : Jadi orang konsisten dong, udah bikin jadwal ya diturutin!
Otak : Eh darimana coba harus ngikutin jadwal? Kan fleksibel. Lagian besok jam 7 ada PPC, masih belum baca inventory kan!
Hati : Itu jadwal lo sendiri kan yang bikin, terus besok juga ada anabi jam 9.
Otak : Anabi kan responsi, pasti bakal diajarin lah yang mau gue pelajarin sekarang. Jadi ya nunggu diajarin aja, daripada belajar itu-itu mulu ngga efektif.
Hati : Tau darimana kalo dosen PPC besok ngga bakal ngajarin yang bakal lo pelajarin sekarang? Kalo iya sama ngga efektifnya kan.
Otak : Eh napa sih daritadi cerewet banget?
Hati : Ya makanya jadi orang konsisten dooong!!!
Perut (kembali muncul): Saudara-saudara! Jangan bertengkar!! Saya sudah laper lagi!!

Maka pemenang debat kali ini : PERUT, karena otak dan hati langsung sepakat kalo gue laper lagi.

Demikianlah, semua dialog itu berlangsung dalam waktu 2 jam gue belajar anabi. Gimana dialog gue selama hidup ya? Berapa kali coba hati dan otak gue berdebat nentuin mana yang baik buat gue? Kadang-kadang yang diperdebatkan masalah sepele (seperti yang gue tulis di atas). Tapi gue juga pernah (atau sering?) memperdebatkan masalah yang (lumayan) penting, kaya gue mau ngapain abis lulus nanti, atau apa yang mesti gue lakuin saat berhadapan sama orang yang sulit. Dan debat ini emang membantu gue bikin keputusan, walau sering juga gue bingung sama mau diri gue sendiri. Jadi kesimpulannya yaa terkadang dialog dengan diri sendiri itu berguna, tapi kadang juga ngga guna
*kesimpulan yang aneh, hehe...*

No comments: