Saturday, June 9, 2012

Kisah Seorang Komuter

prolog:
OMAIGAAAT draft blog ini udah lamaaa banget ada di blog list tapi ngga dipublish. oke gue post sekarang dengan beberapa perubahan dan penambahan. FYI, gue sekarang udah ngga kerja di Menteng lagi, tapi masih makai kereta buat pulang kantor :) dan harap diperhatikan, ini post ttg Ekonomi AC/Commuter Line. Gue jarang banget pake ekonomi, belum mampu lahir batin :P

Setelah resign dari Satuhati (nama perusahaan disamarkan), gue kembali tinggal di Jakarta. Disini gue kerja, di katakanlah X (nama lembaga disamarkan) di Menteng. Udah pada ngerti dong ya, bekerja di Jakarta berarti harus siap menghadapi keruwetan lalu lintas ibukota, alias macet... Dan karena gue males bermacet-macet utk jarak yang relatif dekat rumah, dan karena kantor baru gue deket sama stasiun Gondangdia, gue pun memilih moda transportasi yang bebas macet: Kereta Rel Listrik.

Baiklah ada beberapa pengalaman naik KRL yang akan gue share disini:

Hari pertama kerja, gue berangkat naik KRL. Karena gue super PD akan dapet kereta, gue ngga liat jadwal dulu. Jadi jam 7.30 gue main dateng ke stasiun, nanya "ekonomi AC jam berapa?", dan jeng jeeng ternyata baru ada jam 9 dooong! Gue pun langsung beli tiket ekonomi biasa. Ngga berapa lama, kereta ekonomi dateng. Gue pun dengan PD jaya pun naik KRL tersebut. Wuih enak, ngga begitu penuh.. Eh tapi, ko ada ibu-ibu yang ngobrol mau ke Tanah Abang. Gue nanya ke seorang bapak "pak, abis manggarai stasiun apa ya?". Si Bapak menjawab "Sudirman neng". DEEEM, gue salah naik kereta!! Langsung di Manggarai gue turun, lari-lari ke peron lain naik kereta arah Kota...
pelajaran: lain kali dengerin pengumuman di stasiun, kereta apa yang dateng.

Masih di hari pertama kerja, tapi waktu pulang. Gue udah belajar dari kesalahan dong, dengan mengecek dulu jadwal kereta. Jam 6 gue cek jadwal, ternyata kereta ekonomi AC ada jam 6.28. Syit, langsung lah gue beres-beres, lari ke stasiun. Sesampainya gue di peron, tepat ada kereta berhenti. Sependengaran gue, itu kereta ekonomi AC. Gue langsung naik. Kereta pun jalan. Tapi begitu gue celinguk kanan kiri, ini nape warna tiket orang-orang beda ma gue? Lah kenapa ni kereta ngga berhenti di Cikini? DEEEEMM, gue salah naik kereta lagi! Ini sih kereta expresssss!! Maka turunlah gue di Pondok Cina, ganti arah naik ekonomi biasa....
pelajaran: gue nih bocah macem apa sih, bisa-bisanya salah denger ekspress AC jadi ekonomi AC?

Setelah beberapa bulan, pulang kerja naik kereta pun jadi rutinitas (gue jadinya selalu dianter kalo berangkat). Waktu itu, ekonomi AC dan express AC udah dilebur jadi  Commuter Line. Kebetulan gerbong yang gue naiki bukan gerbong wanita, alias gerbong campur. Ada bapak dan anak, bapak pulang kantor, bapak pura-pura bobok padahal di depannya ada ibu-ibu lumayan tua, dan yang parah dari semua jenis penumpang di gerbong campur: pasangan muda PDA. Yuhuuu ini kereta kencana milik berdua kali yaa.. Nih beberapa adegan yang gue ingat:

  1. Sepanjang jalan, si cowo merangkul si cewek. Waktu kereta goyang, otomatis si cewek badannya ikut goyang dong yaa kena penumpang cowo lain. Bagaimana reaksi si cowo?? Dia bilang "don't touch my girl". Reaksi gue: #facepalm
  2. Ga ada angin, ga ada hujan, tau-tau pasangan ini mulai nyanyi bareng that's what you get-paramore, duet dengan suara lirih-lirih mesra, diakhiri dengan saling bertatap syahdu. Reaksi gue dan ibu-ibu di samping gue: #facepalm
  3. Juara: tiba-tiba pelukan. Reaksi gue, ibu-ibu di samping gue, berikut mas/mbak di sekeliling pasangan itu: #facepalm.

pelajaran: ini kereta beneran kan? ngga lagi dipake shooting film indosiar kan??

Salah satu yang bikin gue sebel di gerbong cewek adalah sifat penumpangnya cenderung egois. Mungkin cewek memang ditakdirkan egois. Nih beberapa hal yang gue alamin:

  1. Gue pernah liat ada ibu hamil ga dapet tempat duduk di bangku prioritas, dianter lah ke bangku lain. Tapi kata ibu-ibu yang duduk disitu: ke gerbong cowok aja! Men?? Kenapa situ ga bangun? Situ masi muda, terlihat sehat, dan terlihat ga hamil. Walaupun bukan bangkru prioritas, apa salahnya sih ngasi tempat duduk, ketimbang nyuruh ibu hamil jalan empet-empetan ke gerbong cwo..
  2. Jadi di bangku prioritas ada ibu hamil (ibu budi) dan ibu-ibu ngga hamil (ibu nyebelin). Si ibu nyebelin ini bawa anak, umurnya 7-10 tahunan lah yang berdiri. Kebetulan ada ibu hamil lain yang berdiri (ibu kasian). Si ibu budi akhirnya mau turun. Satu bangku kosong dong. Ibu-ibu lain yang berdiri pun nyuruh ibu kasian untuk duduk. But guess what?? Si ibu nyebelin tau-tau manggil anaknya: sini nak, duduk!! Padahal jelas depan matanya ada si ibu kasian yang mau duduk. Ini jahat banget menurut gue, toh anaknya bukan balita ini.
  3. Rombongan nyebelin: ibu-ibu kursi lipat. Gue sih terserah lah yaa kalo mereka pake kursi lipat waktu kereta kosong. Tapi kalo kereta penuh?? Gue pernah liat penumpang yang disuruh berdiri sama petugas krn kereta lagi penuh banget, reaksi si ibu: kenapa cuma saya yang berdiri? yang lain juga harus berdiri! Gila egois tingkat dewa!! Yah akhirnya dia bangun juga sih, tapi tetap aja yaa, pemikirannya egois tingkat dewa!!

Masi banyaaak cerita lain yang gue liat, tapi 3 itu yang paling parah. Gue heran sama ibu-ibu yang segitu stucknya sama aturan: ibu hamil/lansia duduk di bangku prioritas. Jadi lu bakal nyuruh mereka jalan ke ujung gerbong? Lu tinggal bangun aja sih. Yang ada malah ibu-ibu pura-pura tidur (yap gue bisa bedain mana yang tidur beneran, mana yang pura-pura), dibangunin petugas pura-pura ga denger, sampai akhirnya ada yang berbaik hati mau bangun ngasi tempat. Menyedihkan sebenarnya...
pelajaran: janganlah menyusahkan orang lain dan belajarlah simpati dikit...

Gue ga paham sama PT KAI, atau spesifiknya KCJ, dalam mengurus KRL. Beberapa kasus nih ya:

  1. Okelah jadwal telat 10 menit masih bisa gue toleransi. Tapi kereta yang mestinya ada di jadwal justru ga muncul?? Nah ini aneh. Atau jangan-jangan telat parah sampai muncul di jam kereta selanjutnya? 
  2. Kerusakan sinyal yang terus terus dan nampaknya akan terus dialami. Ini menyusahkan banget. Gue pernah stuck di kereta, yang ACnya mati, kereta ini diem selama 30 menit dalam keadaan padat. Panasnya innalillahi. Ada satu ibu-ibu sampai panik, nelpon keluarganya sambil nangis. Tapi di keadaan seperti itu, bahkan ga ada petugas yang ngasi tau ada apa dengan kereta. Ngga ada pengumuman juga di stasiun kalo lagi ada gangguan sinyal. 
  3. Omong-omong AC dan pengumuman, ini juga sering diabaikan. AC di beberapa kereta CL mati, bahkan di jam padat sepadat-padatnya manusia sampai kaki ga napak tapi ga bisa jatoh juga (yah paham kan padatnya kaya apa?). Kebayang dong panasnya? Kasihan juga sama penumpang kereta pemula yang ga tau kereta udah sampai mana karena ga ada pengumuman. Iya memang ada kereta yang ACnya bagus, pengumuman bahkan juga ada, cuma selama ini gue lebih banyak nemu kereta yang tanpa AC/pengumuman/dua-duanya. Apa gue ga hoki? Atau krn maintenance utk hal remeh temeh yang emang diabaikan?
  4. Gue pernah nonton wawancara dengan pejabat KAI/KCJ (gue lupa persisnya), mengundang juga komunitas pengguna kereta api dan  perwakilan YLKI. Interviewer nanya: ini gimana dengan penumpang banyak yang ga diangkut karena adanya kerusakan sinyal?? Si pejabat jawab begini dong: bukan kewajiban kami untuk mengangkut penumpang. Bah jadi selama ini sunnah ya? Atau justru makruh?? Bahkan si ibu-ibu YLKI pun geleng-geleng speechless denger pernyataan si pejabat.

namanya juga perusahaan jasa ya, masa sih ga mau ngasi value added lain selain "lo naik kereta gue, gue anter lo, tp urusan lo keretanya penuh kek, rusak kek". Gue ga tau juga sih apa yang terjadi di balik PT KAI/KCJ dengan pengurusan KRL ini. jadi kalo ada yang paham gimana sistem kerja, sistem maintenance, alasan kenapa kereta sering telat, sistem manajemen, atau bahkan kesulitan yang dihadapi perusahaan tersebut, please do enlighten me...
pelajaran: mestinya masalah yang sama ngga sampai terjadi berkali-kali... kalo masi terjadi, berarti ada sesuatu yang salah... 

Oke sekian dulu dari gue yaa mengenai perkeretaapian Jakarta, atau tepatnya, perkeretaapian Bogor-Kota :) Terakhir, buat orang-orang yang pengen tau atau nyari-nyari info KRL, please do follow KRL Mania di twitter. Walaupun terkadang twitnya rada keras, cuma ini suara rakyat dan informatif banget. Cheers all, semoga KRL makin manusiawi, baik keretanya maupun penumpangnya :)